nusabali

Badung Pasang Wifi Corner Gratis di Pasar Tradisional dan Objek Wisata

Ciptakan Start Up Baru dan E-Commerce

  • www.nusabali.com-badung-pasang-wifi-corner-gratis-di-pasar-tradisional-dan-objek-wisata

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung berkomitmen mengoptimalkan keberadaan pasar tradisional pada era new normal.

Dalam upaya meningkatkan persaingan dengan pasar modern, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung mengembangkan pasar dengan beragam inovasi, sehingga meningkatkan minat masyarakat belanja ke pasar.

Salah satu program yang digagas, yakni dengan memasang wifi corner gratis di pasar. Hal ini merupakan salah satu inovasi berupa menciptakan startup baru dan e-commerce dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan menumbuhkan kreativitas pembuatan konten.

“Pemkab Badung terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi, salah satunya dengan memasang Wifi Corner gratis guna mendorong pedagang pasar melakukan pemasaran berbasis online. Kita ajak pemilik lapak kalau ada yang tertarik produknya dijual secara online. Saat ini kan mereka punya toko offline-nya, jadi kalau punya toko online, mereka tidak hanya menunggu pembeli yang di sini saja, tapi juga bisa pembeli di seluruh daerah,” ujar Kadis Kominfo Badung, IGN Jaya Saputra, di Puspem Badung, Jumat (20/11).

Selain untuk melihat dampak positif dari pertumbuhan ekonomi digital, Jaya Saputra mengatakan bahwa gerakan pasar go online ini merambah market online sebagai bagian dari gerakan literasi kepada masyarakat. “Saat ini, transformasi digital melalui gadget atau handphone pribadi sangat bermanfaat untuk digunakan. Masyarakat punya alat (smartphone) yang sangat powerful, tapi terkadang masih salah menggunakannya. Kita bisa belajar dari smartphone kita karena banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita manfaatkan dengan baik, salah satunya dengan berdagang melalui online,” ucapnya

Lebih lanjut Jaya Saputra menjelaskan, program wifi corner gratis kabupaten Badung, tidak hanya menyasar pasar tradisional semata. Dalam rangka menyambut reborn industri pariwisata pihaknya juga akan memasang wifi corner gratis di 33 site objek wisata karena industri pariwisata sebagai salah satu industri dinamis yang harus selalu mendapatkan sentuhan dan pembaruan.

“Untuk meningkatkan kualitas objek pariwisata dalam meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke objek wisata yang ada di Kabupaten Badung, kita sudah melakukan pemasangan Wifi Corner di 33 site objek wisata,” katanya. Masih menurut Jaya Saputra apabila objek wisata memiliki jaringan internet gratis dengan kualitas yang baik, tentu akan menambah rasa nyaman bagi wisatawan. Karena gaya hidup masyarakat dunia yang tidak bisa lepas dari media sosial, dimana setiap kegiatan yang mereka lakukan selalu di publikasikan ke media sosial.

“Fenomena masyarakat saat ini yang ketergantungan pada media sosial harus kita lihat sebagai peluang promosi gratis dengan impact yang luar biasa. Wisatawan yang mengunjungi objek wisata kita tentu akan mengabadikan setiap momen liburannya dan diunggah di media sosial. Nah secara tidak langsung mereka sudah ikut mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten Badung ke dunia luar,” tandasnya.

Mantan Camat Mengwi ini menguraikan wifi corner yang terpasang di wilayah Kabupaten Badung, antara lain di Pasar Petang, Wantilan Carangsari, Lapangan Umum Bongkasa, Pasar Blahkiuh, Pasar Jagapati, Pasar Sibanggede,Pasar Sembung, Gor Mengwi, Pasar Beringkit, RSUD Kapal, Lapangan Umum Munggu, Pantai Prerenan, Lapangan Umum Dalung, Gor Kerobokan, Lapangan Umum Tibubeneng, Lapangan Bulu Tangkis JI. Majapahit Suka Duka Dharma Semadi Kuta, Jalan Plawa Sebelah Kantor LPD Seminyak, Jalan Pasir Putih Gor Bulu Tangkis Palguna Kedonganan, Pantai Melasti Kutuh, Pura Gunung Payung Sawangan Nusa Dua Kuta, Pura Pucak Mangu Petang dan Pura Pucak Bon Petang. *asa

Komentar