nusabali

Danpaspampres Jadi Pangdam Udayana

Mayjen Maruli Ganti Mayjen Kurnia yang Baru 5 Bulan Menjabat

  • www.nusabali.com-danpaspampres-jadi-pangdam-udayana

Mayjen Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Komandan Paspampres dikenal sebagai menantu dari Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan.

JAKARTA, NusaBali
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan perombakan jabatan perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI AD. Total, 36 Perwira Tinggi (Pati) yang dimutasi. Termasuk Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara yang akan digantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Komandan Paspampres.

Mutasi ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/911/XI/2020 yang diterbitkan per 18 November 2020. Dengan mutasi ini, Mayjen Kurnia Dewantara akan menempati jabatan Pati TNI AD dalam rangka pensiun.

Surat keputusan tersebut punsudah dibenarkan Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen) Mayjen Achmad Riad. "Benar Skep (surat keputusan) tersebut sudah diterbitkan," kata Achmad saat dikonfirmasi awak media Kamis (19/11).

Salah satu mutasi yang mendapat sorotan yaitu pergantian Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Kurnia Dewantara ke Pangdam baru, Mayjen Maruli Siamnjuntak. Pergantian ini tergolong cepat karena Mayjen Kurnia baru menjabat sebagai Pangdam Udayana selama 5 bulan tepatnya pada 18 Juni lalu.

Penggantinya, Mayjen Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Komandan Paspampres dikenal sebagai menantu dari Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan. Sementara, posisi Danpaspampres yang ditinggal Maruli akan diisi Brigjen TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya menjabat Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana (Bogor).

Kemudian, Letjen TNI Moch Fachruddin yang semula menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) harus lengser dalam rangka pensiun. Panglima menunjuk Mayjen TNI Herman Asaribab mengantikan Fachruddin sebagai Wakasad. Asaribab sebelumnya adalah Pangdam XVII/Cendrawasih.

Sebagai pengganti Asaribab, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono ditunjuk menjadi Pangdam XVII/Cendrawasih. Yogo Triyono yang pernah menjadi Danrem 181/PVT Sorong tersebut sebelumnya adalah Komandan Secapa AD. Menggantikan posisi Yogo Triyono, Brigjen TNI Ferry Zein diangkat menjadi Dansecapaad. Kemudian, Brigjen TNI Djoko Andoko sebagai Kasdam XVIII/Kasuari. Mayjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya dimutasi dari Kapuskesad menjadi Kepala RSPAD Gatot Soebroto. *rez

Komentar