nusabali

Sosialisasi Prokes Lewat Megoak-goakan Berbuah Penghargaan

  • www.nusabali.com-sosialisasi-prokes-lewat-megoak-goakan-berbuah-penghargaan

SINGARAJA, NusaBali
Sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 lewat penampilan drama atau sendratari oleh personel Polres Buleleng beberapa waktu lalu menuai apresiasi positif.

Kreativitas seni tersebut berhasil meraih juara I dalam perlombaan yang digelar oleh Polda Bali. Seperti yang diketahui, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose memberikan arahan kepada setiap jajaran Polres untuk membuat kreativitas pertunjukan seni dengan menggunakan kearifan lokal dalam mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selanjutnya Polres Buleleng menampilkan sendratari tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan menampilkan tarian Megoak-goakan pada Jumat (30/10) lalu di kawasan pariwisata Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Dalam pementasan tersebut Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma, didapuk memerankan Raja Ki Barak Panji Sakti. Diceritakan, Raja Ki Barak Panji Sakti menyerap aspirasi serta semangat pasukan untuk bersama-sama melawan Covid-19 yang diibaratkan sebagai musuh tidak terlihat.

Melalui tradisi Megoak-goakan itu pula Raja Ki Barak Panji Sakti mensosialisasikan pandemi Covid-19 dan mengajak masyarakat Buleleng untuk mencegahnya dengan menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun saat air mengalir dan selalu menjaga jarak saat berkerumun.

Sosialisasi yang dibalut dengan pertunjukan tersebut kemudian meraih apresiasi dari Polda Bali dengan diganjar juara I. Penghargaan pun diserahkan langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose pada Rabu (18/11) di Mapolda Bali, Kota Denpasar.

Wakapolres Buleleng, Kompol Loduwyk Tapilaha mengatakan, kreativitas seni yang ditampilkan di destinasi wisata tersebut tak lain untuk membangkitkan kembali kepariwisataan di Buleleng. Hal ini juga sekaligus untuk menyampaikan bahwa masyarakat Buleleng sudah disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Ternyata apa yang kami lakukan dalam penampilan seni tersebut mendapatkan respons yang bagus dan dinilai positif, sehingga mendapatkan juara I. Nantinya, sosialisasi prokol kesehatan dengan penampilan seni tersebut akan kami lakukan di jajaran Polsek yang ada di Polres Buleleng," kata Loduwyk, Kamis (19/11).*cr75

Komentar