nusabali

Pandemi Covid-19, Bupati Artha Serahkan Bantuan 440 Ekor Kambing

  • www.nusabali.com-pandemi-covid-19-bupati-artha-serahkan-bantuan-440-ekor-kambing

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Putu Artha menyerahkan bantuan sebanyak 440 ekor kambing, Selasa (17/11).

Bantuan ratusan ekor kambing kepada 10 kelompok tani di Kabupaten Jembrana, diserahkan secara simbolis di tempat karantina ternak kambing bantuan pemkab, di Banjar/Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.

Masing-masing kelompok menerima bantuan 44 ekor kambing. Sebanyak 40 ekor ternak kambing betina, dan 4 ekor kambing pejantan. Bantuan yang diserahkan di tengah masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan mendorong ekonomi warga, khususnya kelompok masyarakat yang berusaha di sektor peternakan.

Bupati Artha mengatakan, ternak kambing yang diserahkan kepada kelompok tani ini telah dinyatakan sehat. Sebelumnya, dilakukan karantina terhadap kambing-kambing tersebut di bawah pengawasan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana.

“Ternak kambing ini dari sisi kesehatannya sudah kita jamin. Minimal seminggu sudah dilakukan karantina. Saya yakin, bantuan ini semuanya dalam keadaan sehat. Ini penting agar kelompok juga tidak dirugikan. Jika ada yang kesehatannya diragukan, para penerima agar berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan,” ujar Bupati Artha, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Sutama.

Kepada kelompok penerima bantuan, Bupati Artha menegaskan, bantuan kambing ini agar dipelihara dengan baik. “Kepada perwakilan dari kelompok penerima bantuan ini, saya harapkan agar tekun memeliharanya. Selain itu, jika dalam perkembangannya di lapangan ada permasalahan, khususnya yang berkaitan dengan faktor kesehatan dari ternak-ternak tersebut, segera berkoordinasi dengan para petugas kesehatan hewan yang ada di tiap kecamatan,” ucapnya.

Seorang ketua kelompok tani penerima bantuan dari Desa/Kecamatan Melaya Siti Mariana, mengatakan sangat bersyukur lantaran kelompoknya  mendapatkan bantuan kambing ini. Dirinya mewakili kelompoknya, berjanji akan memelihara kambing ini dengan sebaik-baiknya. “Saya sebagai ketua KTW (Kelompok Tani Wanita) Dusun Melaya Pantai (Desa Melaya), sangat bersyukur Pemkab Jembrana memberikan bantuan ternak kambing ini. Kami bersama anggota berjanji akan memeliharanya dengan baik. Sehingga bantuan ini cepat berkembang untuk peningkatan kesejahteraan di kelompok kami,” ujarnya. *ode

Komentar