nusabali

Jabatan Kadis PUPR Paling Kebut

17 Pejabat Lolos Seleksi Administrasi

  • www.nusabali.com-jabatan-kadis-pupr-paling-kebut

SEMARAPURA, NusaBali
17 pejabat eselon III yang melamar posisi 4 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (setara eselon II,Red), lolos seleksi administrasi, Senin (16/11).

Jabatan Kepala Dinas PUPR ternyata paling kebut atau dengan pelamar terbanyak, 5 orang. Namun ada beberapa pelamar tidak sesuai keilmuannya mengincar jabatan teknis. Antara lain, jebolan IPDN dan sarjana sosial mengincar jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan lainnya.

Kendati ijazah tidak linear dengan jabatan yang diincar mereka tetap lolos seleksi administrasi. Karena panitia seleksi (pansel) memiliki beberapa pertimbangan. Misalnya jebolan IPDN ada yang sempat menduduki Kabid di PUPR.

Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Selasa (17/11), memang pendidikan sangat penting terutama untuk dinas yang menyangkut hal-hal teknis. Namun pengalaman kerja di dinas yang dilamar dan kinerjanya juga menjadi pertimbangan. “Pejabat yang bersangkutan pernah menduduki jabatan serumpun yang dilamar saat ini. Namun terpenting menjadi kepala OPD adalah memanage kemampuan. Mengingat untuk urusan teknis sudah ada jajaran dibawahnya yang akan membantu," ujarnya.

Kata Sekda Winastra, selanjutnya 17 pejabat ini akan mengikuti tes kompetensi Managerial dan sosial kultural di gedung Praja Mandala, Rabu (18/11). "Nanti pada masing-masing formasi akan dicari tiga posisi rangking terbaik," tambahnya.

Pemkab Klungkung merekrut empat JPT pratama karena dua pimpinan OPD tersebut pensiun pada Januari 2020. Dua pimpinan OPD lainnya menjalani penyegaran atau akan dimutasi ke OPD lain. Pimpinan OPD pensiun yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Anak Agung Ngurah Kirana, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan I Wayan Durma. Dua pejabat yang mengalami penyegaran atau akan dimutasi yakni Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Dewa Gde Darmawan, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Anak Agung Lesmana.

Dari 17 pejabat eselon III yang mengincar posisi tersebut, ternyata posisi Kepala PUPR terbanyak pelamar yakni 5 pejabat. Mereka yakni Kabag Pembangunan Setda Klungkung I Made Jati Laksana, Kabag Pemerintahan Gusti Gede Gunarta, Kabid Rehabilitasi BPBD Klungkung Ketut Wirya Santosa, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Gusti Ngurah Made Suarba dan Kabag Ekonomi I Nyoman Susanta.

Posisi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) diincar oleh 4 orang pejabat eselon III yakni Sekretaris Disdik I Ketut Sujana, Kabag Hukum Ni Made Sulistiawati, Sekretaris Baperlitbang I Nyoman Sidang, Kabid Pembinaan Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja I Ketut Budiarta.

Posisi Kepala DLHP diincar oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Ketut Suadnyana, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Ida Bagus Wirawan Adi Putra, Kabag Umum Made Sumiarta, dan Kepala Bidang Persampahan dan Pertamanan DLHP I Ketut Sukiana.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan diincar oleh Sekretaris Inspektorat I Dewa Ketut Sueta Negara, Kabid Keswan Dinas Pertanian AA Gde Raka Arnawa, Sekretaris Dinas Pertanian Ni Ketut Suartini, dan Kabid Perdagangan di Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan I Wayan Mustika. *wan

Komentar