nusabali

Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan Deklarasi Dukung Jaya-Wira

Ingin Ngaben Tikus Tahun 2021 dan Minta Anggaran Pekaseh Tak Disisir

  • www.nusabali.com-sabhantara-pekaseh-se-tabanan-deklarasi-dukung-jaya-wira

Saat temu wirasa dan deklarasi dukung Jaya-Wira di Bencingah Puri Agung Tabanan kemarin, Sabhantara Pekaseh Se-Kabupaten didampingi Raja Tabanan, Cokorda Anglurah Tabanan

TABANAN, NusaBali
Amunisi dukungan terus mengalir untuk pasangan I Komang Gede Sanjaya-I Made Edy Wirawan (Jaya-Wira), Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Tabanan yang diusung PDIP berama Gerindra di Pilkada 2020. Kali ini, dukungan datang dari Sabhantara Pekaseh Se-Kabupaten Tabanan, yang didampingi Raja Tabanan, Cokorda Anglurah Tabanan, deklarasi dukung Jaya-Wira, Jumat (13/11).

Deklarasi Sabhantara Pekaseh se-Tabanan dukung Jaya-Wira, Jumat kemarin, dilakukan di Bencingah Puri Agung Tabanan, diawali dengan acara temu wirasa. Dalam temu wirasa Jaya-Wira dan Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan di kediamannya kemarin siang, Raja Cokorda Ang-lurah Tabanan ikut hadir.

Dalam acara tersebut, Jaya-Wira dikawal langsung Ketua Tim Pemenangan I Made Urip, yang notabene Ketua DPP PDIP. Para anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan dan Fraksi Gerindra DPRD Tabanan juga ikut kawal Jaya-Wira.

Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan ajukan tiga permintaan kepada IKG Sanjaya, ketika nanti terpilih menjadi Bupati Tabanan 2021-2026 melalui Pilkada 2020. Pertama, Cabup Sanjaya diminta selalu memberdayakan Pekaseh (kelian subak). Kedua, Cabup Sanjaya diminta tidak menyisir anggaran Pekaseh yang digunakan untuk kegiatan pertanian. Ketiga, program Ngaben Tikus bisa diwujudkan tahun 2021, dengan tujuan untuk menetralisasi hama tikus yang sekarang sangat mempengaruhi sistem pertanian.

Di balik tiga poin permintaannya tersebut, Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan siap memenangkan Jaya-Wira di Pilkada Tabanan, 9 Desember 2020 nanti. Ketua Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan, I Wayan Pugeh, mengatakan jumlah anggotanya yang hadir hadir bertemu Jaya-Wira, Jumat kemarin, sebanyak 50 orang.

Menurut Wayan Pageh, 50 orang ini merupakan perwakilan dari 236 Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan yang tersebar di 10 kecamatan. “Sebetulnya, ada 236 Sabhantara Pekasih di Tabanan. Tapi, karena situasi pandemi Covid-19, yang hadir hanya perwakilan saja, yakni masing-masing kecamatan mewakilkan 5 Pekaseh,” papar Wayan Pageh.

Wayan Pageh menegaskan, Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan siap memenangkan Jaya-Wira di Pilkada Tabanan 2020. Mereka putuskan dukung Jaya-Wira, karena melihat sosok Cabup Sanjaya yang sangat peduli dan konsen terhadap sektor pertanian.

“Pada intinya, kami dari Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan mendukung dan memenangkan Jaya-Wira. Dukungan ini sudah kesepakatan bersama dan telah disampaikan kepada seluruh Pekaseh se-Tabanan,” katanya.

Ke depan, setelah Jaya-Wira menang Pilkada Tabanan 2020, mereka diminta untuk selalu memberdayakan Pekaseh. Yang tak kalah penting, Jaya-Wira jangan menyisir anggaran yang berkaitan dengan pertanian. “Tahun 2020 ini, Pekaseh tidak dapat insentif, karena anggaran disisir untuk penanganan Covid-19. Pekaseh mestinya dapat perhatian, karena mereka inilah yang memproduksi hasil pertanian. Jika tidak ada petani, kita semua tak bisa makan,” sergah Wayan Pageh.

Menurut Wayan Pageh, sekarang yang ikut menjadi kendala bagi petani dalam produksi adalah serangan hama tikus. Karena itu, program Ngaben Tikus (prateka bikul) di Tabanan diharapkan dapat digelar lagi tahun 2021 mendatang.

Paparan senada juga disampaikan Bendahara Sabhantara Pekaseh Se-Tabanan, I Made Pedra. Menurut Made Pedra, seluruh Pekaseh se-Tabanan yang tergabung dalam Sabhantara Pekaseh siap memenangkan Jaya-Wira ke kursi Bupati-Wakil Bupati Tabanan 2021-2026. Dengan terpilihnya Jaya-Wira, diharapkan nantinya dapat membantu petani, termasuk Pekaseh dan organisasi Sabhantara Pekaseh.

“Seperti yang kita ketahui saat pandemi Covid-19 sekarang, petani sayur terpukul karena hasil panennya tidak terserap maksimal lantaran matinya sektor pariwisata. Kami harap ke depan hal seperti ini bisa dibantu oleh pemerintah, agar petani tidak semakin merugi,” pinta Made Pedra.

Sementara itu, Cabup IKG Sanjaya mengatakan kalau bicara soal petani dan Pekaseh di Tabanan, pihaknya sangat konsen. Untuk memajukan pertanian di Tabanan, Sanjaya sudah berdikusi dan memohon masukan kepada pakar pertanian, termasuk sesepuh Sabhantara Pekaseh.

“Terimakasih atas dukungan yang diberikan. Kalau soal bantuan untuk pertanian termasuk Sabhantara Pekaseh, bukan hal yang berat. Saya sanggup, sadia (siap) mewujudkannya, karena pertanian menjadi prioritas pembangunan Tabanan,” terang Sanjaya.

Sanjaya juga berjanji akan memperhatikan petani ketika pasca panen. Dalam hal ini, tidak akan bermain di hulu, tetapi di hilir. “Masalah program nangluk merana itu (seperti Ngaben Tikus, Red) juga tidak usah dipikirkan, karena merupakan sebuah kewajiban dari pemerintah. Titiyang sadia untuk mengurusnya,” janji politisi asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan yang kini Ketua DPC PDIP Tabanan dan masih menjabat Wakil Bupati Tabanan 2016-2021 ini. *des

Komentar