nusabali

Xenia Masuk Jurang, Satu Penumpang Tewas

  • www.nusabali.com-xenia-masuk-jurang-satu-penumpang-tewas

SINGARAJA, NusaBali
Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Raya Seririt -  Pupuan KM 33.100 tepatnya di wilayah Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, Rabu (11/10) malam.

Sebuah minibus Daihatsu Xenia bernopol DK 1298 WF jatuh ke jurang sedalam sekitar 10 meter. Peristiwa naas tersebut terjadi sekitar pukul 20.30 Wita. Akibat kecelakaan tersebut, salah seorang penumpang bernama Abdul Hadi, 19, tewas. Korban diketahui merupakan warga Desa/Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dia dinyatakan meninggal dunia setelah terjepit di badan minibus selama sekitar satu jam.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Buleleng, Dudi Librana Marjaya mengatakan, dirinya mendapat laporan kecelakaan minibus jatuh ke jurang pada pukul 21.30 Wita. Usai mendapat laporan, tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan langsung dikerahkan melakukan evakuasi.

Proses evakuasi korban memakan waktu selama satu jam hingga pukul 22.45 Wita. Proses evakuasi dilakukan oleh 10 personel Basarnas dengan dibantu 7 personel Polsek Busungbiu serta warga setempat. "Kami baru berhasil mengevakuasi seluruh penumpang pada pukul 22.45 Wita," ujar Dudi Librana.

Dia menjelaskan, usai berhasil dievakuasi, korban Abdul Hadi sempat dilarikan ke Puskesmas Busungbiu untuk mendapatkan pertolongan namun nyawanya sudah tak tertolong. Sementara itu, 5 penumpang lainnya dan 1 sopir kendaraan berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Mereka adalah Riyanto, Abdul Azis, 28, Abdul Malik, 20, Khoirus, 37, Ahmad Zainurozikin,18, dan Nurhidayat, 42. Korban Riyanto saat ini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD Buleleng karena tak sadarkan diri bersama Abdul Azis, yang mengalami patah lengan kiri, dan Nurhidayat.

"Ada enam penumpang lain termasuk sopir yang berhasil kami evakuasi dalam keadaan selamat. Beberapa di antaranya langsung dirujuk ke RSUD Buleleng. Selesai evakuasi, kami langsung serahkan penangannya kepada Polsek Busungbiu,'' pungkas Dudi Librana.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarajaya mengungkapkan, diduga kuat minibus tersebut jatuh ke jurang lantaran sang pengemudi tidak mampu menguasai laju kendaraan. "Penyebab kecelakaan karena pengemudi tidak mampu menguasai kendaraannya sehingga jatuh ke jurang," kata dia.

Kecelakaan Out of Control (OC) ini bermula saat Xenia yang dikemudikan Riyanto datang dari arah selatan menuju ke utara dengan kecepatan tinggi. Sesampainya di tempat kejadian, tiba-tiba pengemudi minibus, Riyanto, tidak bisa menguasai laju kendaraannya sehinga oleng ke kiri dan masuk ke jurang.

Akibat jatuh ke jurang, Xenia tersebut ringsek total pada bagian depan dan samping. Kendaraan tersebut sudah berhasil dievakuasi dengan alat berat. "Peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut saat ini masih ditangani Polsek Busungbiu untuk diselidiki lebih lanjut," tandas Iptu Sumarjaya.*cr75

Komentar