nusabali

HUT Ke–11 Mangupura Digelar Sederhana

  • www.nusabali.com-hut-ke-11-mangupura-digelar-sederhana

MANGUPURA, NusaBali
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Ibukota Kabupaten Badung ‘Mangupura’ akan sangat berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Pemkab Badung memutuskan untuk tidak menggelar pesta besar-besaran, melainkan hanya menggelar acara sederhana. HUT rencananya hanya diisi kegiatan apel pada hari H, 16 November 2020. Sementara pesta rakyat dan hiburan yang sedianya dirancang jauh-jauh hari terpaksa urung dilakukan. Anggaran yang diposkan untuk pelaksanaan HUT sekitar Rp 800 juta direfocusing untuk penanganan Covid-19.


Kepala Bagian Pemerintahan Setda Badung Dewa Sudirawan, menjelaskan bahwa pelaksanaan HUT ke–11 Mangupura sudah diputuskan tidak dirayakan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Dia beralasan tidak mungkin melaksanakan kegiatan dengan melibatkan banyak orang di tengah pandemi Covid-19. Di samping karena pertimbangan anggaran. “Karena anggaran dilakukan refocusing, jadi HUT ke-11 dirayakan dengan menggelar apel pada 16 November 2020,” kata Sudirawan saat dikonfirmasi, Selasa (10/11).

Padahal, lanjutnya, semula telah dirancang kegiatan HUT ke–11 Mangupura akan diisi hiburan termasuk mengundang artis nasional. Namun, semua itu gagal terlaksana lantaran anggaran terkena refocusing.

“Dulu memang meriah kegiatannya, sekarang sama sekali tidak ada. Sesuai petunjuk Pak Sekda hanya kegiatan apel, jadi kegiatan lainnya tidak ada,” tegasnya.

Begitu pun perayaan di tingkat kecamatan juga tidak ada. “Jadi di kecamatan tidak ada kegiatan karena semua kena refocusing,” imbuh Sudirawan.

Sekadar mengingatkan, pada pelaksanaan HUT ke–10 Mangupura digelar cukup meriah. Bahkan gelaran pesta rakyat selama sebulan dilakukan hingga di tingkat kecamatan. Untuk tingkat kabupaten digelar kegiatan Festival Budaya Pertanian, Festival Seni Budaya, Kontes Bonsai, pesta rakyat dengan menyuguhkan hiburan rakyat dan kuliner gratis. Serta yang paling meriah hiburan rakyat yang digelar di Balai Budaya Giri Nata Mandala dengan menghadirkan artis lokal Bali dan artis nasional. *asa

Komentar