nusabali

BKKBN Gelar Pertemuan Pendampingan Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia

  • www.nusabali.com-bkkbn-gelar-pertemuan-pendampingan-perawatan-jangka-panjang-bagi-lansia

DENPASAR, NusaBali.com
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Bali menggelar Pertemuan Integrasi Pendampingan Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia pada Senin (09/11). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor BKKBN Provinsi Bali dengan menerapka protokol Kesehatan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus P Proklamasi mengatakan bahwa kondisi ekonomi, social dan Kesehatan masyarakat di Provinsi Bali yang semakin membaik berdampak terhadap penurunan angka kelahiran serta peningkatan usia harapan hidup sekitar 71,68  tahun sehingga kedepannya Bali akan memasuki era penduduk menua (ageing population). 

“Dari 4.292.154 jiwa penduduk di Bali, terdapat sekitar 568.380 jiwa penduduk lansia atau sekitar 12,37% kemudian kita melihat adanya berbagai permasalahan teutama terkait dengan aspek Kesehatan dan ekonomi yang akan berdampak pada kualitas SDM sehingga lansia dapat menjadi salah satu kelompok rentan yang harus menjadi perhatian banyak pihak”, jelasnya. 

Berbagai sektor baik pemerintah maupun LSM telah melakukan upaya untuk menciptakan kehidupan yang layak bagi lansia, salah satunya yaitu BKKBN melaksanakan program Pembangunan Keluarga Lansia dan Rentan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan keluarga lansia melalui pendekatan yang bermatabab dalam mewujudkan ketahanan keluarga


Pertemuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia melalui sinkronisasi dan koordinasi program kelanjutusiaan bersama mitra kerja dan menghadirkan beberapa narasumber, salah satu antaranya Dr dr IGP Suka Aryana, SpPD, K-Ger (Spesialis penyakit dalam konsultan geriatri RSUP Sanglah).

Adapun materi yang disampaikan yaitu manajemen strees pada pendamping lansia, tujuh dimensi Lansia Tangguh dan Perawatan Dasar Keperawatan Lansia (Acitivity Daily Living / Instrumental Activity Daily Living).*

Komentar