nusabali

Ny. Adnyani Mahayastra Kukuhkan Kader Kebersihan Desa Taro

  • www.nusabali.com-ny-adnyani-mahayastra-kukuhkan-kader-kebersihan-desa-taro

GIANYAR, NusaBali
Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra mengukuhkan 42 kader kebersihan Desa Taro di Kantor Kepala Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Senin (9/11).

Dari 42 kader desa ini masing-masing banjar 3 kader dari 14 banjar. Mereka bertugas mengedukasi warga desa tentang pentingnya pengolahan sampah dengan TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle/mengurangi – menggunakan – daur ulang).

Ny Adnyani Mahayastra menyambut baik inovasi Desa Taro dalam penanganan sampah dengan membangun TPS 3R yang terbagi menjadi 3 kegiatan yakni memilah, mencacah dan komposing.

“ Pengukuhan kader kebersihan desa ini keanggotaannya dari kader-kader PKK. Karena ini sesuai 10 Program Pokok PKK yang terjabar dalam program ke-9 yakni kelestarian lingkungan termasuk Pokja IV,” ujarnya.

Ny Adnyani Mahayastra menegaskan, pemilahan sampah di rumah tangga oleh ibu-ibu, memisahkan sampah organik dan non organik, sampah lain, merupakan langkah sederhana, namun sangat besar manfaatnya bagi kebersihan lingkungan. Menurutnya, penyumbang sampah terbesar adalah rumah tangga dan pasar. Di Gianyar, pengelolaan sampah diawali dengan memilih sampah non organic dibawa ke bank sampah sehingga sampah punya nilai ekonomi. Langkah ini kini ditingkatkan dengan pembangunan TPS 3R. Di Gianyar kini ada puluhan bank sampah dan beberapa TPS 3R. Pembangunan TPS 3R ada dari bantuan Kementerian PUPR melalui Direktorat JenderalCipta Karya dan Balai Prasaranan Permukiman Wilayah Bali Rp 600 juta di Desa Bedulu. Ada juga bantuan dari Yayasan Bali Semaya yang disasar secara bertahap serta didukung Pemkab Gianyar.

“Di TPS 3R itu, sampah organik diolah menjadi pupuk kompos dan yang anorganik dibeli oleh pengepul sehingga ada nilai ekonomisnya,” jelas Ny.adnyani Mahayastra. Istri Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra mengingatkan kepada para kader kebersihan dalam menjalankan fungsinya tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan diri.

Kepala Desa Taro I Wayan Warka menambahkan, kader kebersihan 42 orang ini berasal dari 14 banjar. Masing-masing banjar 3 kader. Dia mengaku rutin turun ke lapangan bersama kader untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. ‘’Jangan membuang sampah di teba, ataupun sekitar rumah. Sampah agar dipilah untuk dibawa ke TPS 3R  di Desa Taro,’’ ujarnya.

Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra menilai pengukuhan kader kebersihan ini merupakan salah satu dukungan langsung TP PKK dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat. ‘’Kami di DLH Gianyar bersama tim dari pihak ketiga, tentu sangat berterimakasih kepada Ibu Ketua TP PKK dan jajaran. Karena pengukuhan ini makin mengokohkan tekad para kader kebersihan hingga terus bersemangat mewujudfkan kebersihan,’’ jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua WHDI Gianyar Ny Diana Dewi Agung Mayun, Ketua DWP Gianyar Ny Dwikorawati Wisnu Wijaya, Camat Tegallalang Komang Alit Adnyana, dan AA Istri Tatik Rismayanti  Projec Manager Yayasan Bumi Semaya, dan pemerhati lingkungan.*lsa

Komentar