nusabali

Jalan Pantai Lumangan Rusak Berat

  • www.nusabali.com-jalan-pantai-lumangan-rusak-berat

SEMARAPURA, NusaBali
Kondisi jalan menuju Pantai Lumangan di Dusun Penangkidan, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, rusak berat.

Warga harus berhati-hati saat melintas. Pantauan di lapangan, Senin (9/11), jalan yang mengalami kerusakan sepanjang 4,5 km dan lebar 3,5 m. Jalan berbatu kapur itu tampak tidak rata sehingga kendaraan yang melintas harus berhati-hati.

Kepala Dusun Penangkidan I Komang Astawa berharap agar Pemkab Klungkung segera memberikan bantuan pengaspalan untuk jalan itu. Disebutkan, Pantai Lumangan ini potensial dikembangkan menjadi destinasi pariwisata, mamun perlu ditata. Kunjungan wisatawan juga masih jarang, salah satunya karena jalan rusak. "Sebelum pandemi Covid-19, dalam sehari kunjungan wisatawan ke pantai ini bisa mencapai 100 orang. Karena jalan rusak, maka sebagian besar wisatawan menggunakan sepeda motor," katanya.

Meskipun akses jalan masih rusak tidak menjadi penghalang bagi wisatawan untuk menjelajah Pantai Lumangan. "Perjuangan untuk mencapai tempat ini, terbayarkan setelah melihat keindahan alam Pantai Lumangan yang begitu asri," ujar seorang pengunjung, Wayan Budi, di lokasi.

Budi yang merupakan pemuda asal Gianyar ini mendapatkan informasi mengenai Pantai Lumangan dari media sosial (medsos). Sehingga saat berkunjung ke Nusa Penida, untuk menjelajah Pantai Lumangan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Klungkung Anak Agung Lesmana mengatakan, perbaikan jalan menuju Pantai Lumangan tersebut akan diusulkan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021. *wan

Komentar