nusabali

Antisipasi Bencana Alam, Polresta Denpasar Siagakan Alat Canggih

  • www.nusabali.com-antisipasi-bencana-alam-polresta-denpasar-siagakan-alat-canggih

DENPASAR, NusaBali
Polresta Denpasar siagakan dua alat canggih baru, yakni pelampung remote control dan alat pemadam api bertekanan tinggi.

Dua peranti canggih ini disiapkan sebagai antisipasi bencana alam yang ditimbulkan akibat cuaca buruk pada musim penghujan mendatang. 

Kedua alat tersebut dipamerkan dan disimulasikan di perairan Pelabuhan Benoa, Kecamatan Denpasar Selatan dalam kegiatan apel kesiapan antisipasi bencana alam oleh Polresta Denpasar, Selasa (10/11) pagi.

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan usai gelar apel yang dihadiri oleh Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan para pejabat dari instansi terkait lainnya mengatakan kedua alat canggih tersebut untuk mempercepat melakukan penyelamatan terhadap korban.

Alat canggih berupa pelampung dikendalikan remote control itu bisa digunakan untuk menyelamatkan korban banjir dan korban tenggelam di laut. Alat tersebut bisa bergerak sejauh 100 meter.

Sementara alat pemadam api bertekanan juga berfungsi untuk mempercepat memadamkan api saat api belum membesar. Dengan tekanan gas yang tinggi dari dalam alat tersebut mampu memadamkan api dengan cepat.


Kedua alat tersebut saat digunakan dalam simulasi kedua alat itu dapat berfungsi dengan baik. "Kita sama-sama berdoa agar tidak terjadi bencana alam. Meski demikian tetap kita harus melakukan antisipasi dengan persiapan yang matang," tutur Kombes Jasen.

Apel kesiapan ini diikuti oleh Kodim 1611/Badung, Lanal Denpasar, Basarnas, BPBD Kota Denpasar, dan instansi terkait lainnya. "Polresta Denpasar siagakan Sabhara. Mereka bergabung dengan tim dari Kodim, TNI AL, Basarnas, BPBD, dan instansi terkait lainnya," ungkap Kombes Jansen.*pol

Komentar