nusabali

Pengelola Homestay Dilatih Tingkatkan Pelayanan

  • www.nusabali.com-pengelola-homestay-dilatih-tingkatkan-pelayanan

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli, I Made Gianyar, membuka pelatihan bagi pengelola homestay di Hotel Segara, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (9/11).

Pelatihan untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan ini diikuti oleh 40 peserta dari pengelola homestay dan pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Bupati Bangli, I Made Gianyar, menegaskan dalam pengelolaan homestay, sumber daya manusia (SDM) harus punya kemampuan tata kelola yang baik. Sebab pengelola bersentuhan langsung dengan wisatawan yang datang menginap. Pelatihan homestay ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk menggalakkan pariwisata berbasis masyarakat. “Dalam meningkatkan daya saing pariwisata, SDM wajib meningkatkan kualitas pengelolaan dan kelestariannya,” ujar Bupati Made Gianyar.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Adnyana, menambahkan pelatihan tata kelola homestay bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM pariwisata. Diharapkan pengelola homestay mampu memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada wisatawan di wilayah masing-masing. “Pelatihan ini diikuti sebanyak 40 peserta dari pengelola homestay dan perwakilan kelompok sadar wisata se- Bangli,” ungkapnya.

Menurut Wayan Adnyana, kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelatihan yang dilaksanakan Pemkab Bangli bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Ada beberapa kegiatan yang telah berlangsung yakni pelatihan pemandu wisata geowisata dan pelatihan tata kelola destinasi. Narasumber dari DPD ASITA Bali, IPBI Bali, dan perguruan tinggi. *esa

Komentar