nusabali

Ngamuk di Jalan, Satpol PP Amankan ODGJ

Spulang dari RSJ, penderita ODGJ tidak boleh putus minum obat

  • www.nusabali.com-ngamuk-di-jalan-satpol-pp-amankan-odgj

AMLAPURA, NusaBali
Kasat Pol PP Karangasem, I Wayan Sutapa, bersama anggota mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) I Komang Gelgel Suartika, 42, di Lingkungan Susuan, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Kamis (5/11) sekitar pukul 20.30 Wita.

Malam itu juga, ODGJ dibawa ke RSUD Karangasem, selanjutnya diantar ke RSJ Provinsi Bali di Kabupaten Bangli. Komang Gelgel kerap ngamuk jika gangguan jiwanya kumat sehingga meresahkan masyarakat.

Anggota Satpol PP Karangasem melihat ODGJ itu ngamuk di jalan. Anggota pun mengamankannya dan mengantarkan pulang ke Lingkungan Susuan. Ibu ODGJ, Ni Wayan Dauh, menceritakan gangguan jiwa anaknya kumat. Sejak seminggu lalu sering ngumik (ngomong tak karuan) dan ke jalan raya. Tetangga merasa waswas. Ni Wayan Dauh minta bantuan Satpol PP agar mengantar putranya berobat ke RSJ. “Sempat observasi di RSUD Karangasem dan diberikan obat penenang agar selama perjalanan ke RSJ tidak berontak,” ungkap Wayan Sutapa, Jumat (6/11).

Menurut Wayan Sutapa, anggota Satpol PP sering mengantar ODGJ ke RSJ atas permintaan keluarga. Dengan harapan penyakitnya bisa sembuh dan bisa beraktivitas kembali. Saran dari petugas medis, sepulang dari RSJ, penderita ODGJ tidak boleh putus minum obat. Sekali putus minum obat, penyakitnya kumat dan pengobatannya mulai dari awal lagi. Psikiater dr Cokorda Bagus Jaya Lesmana SpKJ mengatakan, ODGJ menderita sakit di jiwanya. “Jiwanya yang sakit, makanya disebut ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), mentalnya yang diobati,” kata dr Cokorda Bagus Jaya Lesmana SpKJ. *k16

Komentar