nusabali

Pegawai Kontrak KPU Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-pegawai-kontrak-kpu-positif-covid-19

Kami juga tidak menutup kantor, aktivitas di Kantor KPU normal. (Ketua KPU Tabanan Putu Gede Weda Subawa).

TABANAN, NusaBali
Setelah sehari nihil tambahan kasus baru, Tabanan kembali tambah 8 kasus baru positif Covid-19 pada Selasa (3/11). Dari 8 kasus baru itu, salah satunya adalah pegawai kontrak KPU Tabanan. KPU Tabanan pun sudah menyeterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh area kantor, namun tak sampai menutup kantor.

Pegawai kontrak KPU yang terpapar ini tanpa gejala, berusia 27 tahun, asal Kecamatan Tabanan. Yang bersangkutan sudah menjalani isolasi di hotel terintegrasi di Denpasar. Diketahui terpapar saat KPU Tabanan menggelar swab kepada seluruh staf dan yang bersangkutan menjalani swab gelombang kedua, 31 Oktober 2020.

7 pasien lain yang terpapar yakni pria 31 tahun, perempuan 61 tahun, perempuan 26 tahun, perempuan 51 tahun, perempuan 18 tahun, perempuan 33 tahun dan laki-laki 39 tahun. Tujuh pasien yang terpapar hanya 1 orang dirawat di rumah sakit, sisanya dirawat mandiri dan isolasi di hotel terintegrasi. Pada hari yang sama juga dilaporkan 3 kasus sembuh. Mereka yang sembuh tersebar di Kecamatan Kediri, Tabanan, dan Baturiti.

Koordinator Bidang Informasi Publik, Satgas Penanganan Covid-19 Tabanan Putu Dian Setiawan menegaskan, seluruh pasien yang positif sudah ditangani dengan baik. Yang terpapar tersebar di 4 sejumlah kecamatan, Tabanan, Kediri, Penebel, dan Selemadeg. "Kami sudah tangani sesuai protokol Covid-19," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Tabanan Putu Gede Weda Subawa membenarkan jika salah satu pegawai kontrak yang bertugas dim Bagian Umum, positif Covid-19. Yang bersangkutan diketahui positif setelah KPU Tabanan menggelar swab, 30 - 31 Oktober 2020, di BRSU Tabanan.  "Pegawai yang ikut swab itu 35 orang, hasilnya 1 positif," ungkapnya.

Jelas Weda, pegawai kontrak ini mengeluhkan gejala ringan yakni demam. "Begitu hasil swab keluar (Senin kemarin,Red) pegawai kami langsung dijemput di rumahnya dan diisolasi di hotel yang ada di Denpasar," tegas Weda Subawa.

Untuk saat ini pasca satu pegawainya yang terpapar virus Covid-19, KPU Tabanan sudah lakukan penyemprotan disinfektan diseluruh areal. Namun di KPU tidak dilakukan tracing kontak karena swab digelar bersamaan. "Kami juga tidak menutup kantor, aktivitas di Kantor KPU normal karena memang swab tes digelar bersamaan," tegasnya.

Ditambahkan Weda Subawa, proses swab tes dilakukan menggunakan anggaran pusat. Sebagai penyelenggaran perhelatan Pilkada KPU Tabanan jadwalkan swab tes terhadap anggota KPU Tabanan sampai 3 kali. Akhir Oktober sudah digelar sekali, pertengahan November 1 kali dan bulan Desember 1 kali. "Kami harapkan kasus Covid-19 di internal KPU tidak terjadi," tandasnya. Total pasien positif Covid-19 di Tabanan 827 orang, dalam perawatan 51 orang, dinyatakam sembuh 741, dan meninghal 35 orang. *des

Komentar