nusabali

Ini Dia Tiga Tuntutan Sameton Nusa Penida untuk AWK

  • www.nusabali.com-ini-dia-tiga-tuntutan-sameton-nusa-penida-untuk-awk

SEMARAPURA, NusaBali
Ratusan krama yang tergabung dalam Aksi Damai Sameton Nusa Penida, menggelar orasi aksi damai di depan Monumen Puputan Klungkung, pada Selasa (3/11) pagi.

Aksi damai ini merupakan pernyataan sikap sameton Nusa Penida berkaitan dengan ucapan dari anggota DPD RI Dapil Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Wedasteraputra Suyasa (AWK) dalam video viral yang mengatakan bahwa Sesuhunan Ratu Gede Pura Penataran Ped, bukanlah Dewa tetapi makhluk suci.

Dalam orasi tersebut semeton Nusa Penida menuntut tiga hal. Pertama menyatakan mosi tidak percaya kepada AWK selaku anggota DPD RI wakil Bali. Kedua, mendesak kepada BK DPD untuk memberhentikan AWK dari DPD RI. Ketiga, mempolisikan AWK karena sudah menghina simbol-simbol dan kepercayaan masyarakat Nusa Penida. "Kami masyarakat Nusa Penida menyatakan sikap menuntut tiga hal tersebut," tegas Koordinator Aksi I Wayan Sukla.


Adapun Aksi Damai Sameton Nusa Penida ini terdiri dari lembaga adat dari Majelis Desa Adat (MDA) Nusa Penida, dan desa adat. PHDI Kecamatan Nusa Penida, perbekel se-Kecamatan Nusa Penida, prajuru  Pura Penataran Ped dan Prajuru Pura Batu Medawu, pecalang, dan generasi muda Nusa Penida. *wan

Komentar