nusabali

Diguyur Hujan, Pohon Tumbang Timpa Kabel PLN di Seminyak

  • www.nusabali.com-diguyur-hujan-pohon-tumbang-timpa-kabel-pln-di-seminyak

MANGUPURA, NusaBali
Sebatang pohon perindang di Jalan Arjuna, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung, tumbang melintang ke badan jalan dan menimpa kabel milik PLN pada Minggu (1/11) pagi.

Akibatnya, pasokan aliran listrik di beberapa rumah warga sekitar lokasi mengalami gangguan selama sekitar 30 menit. Penyebab tumbangnya pohon tersebut karena hujan deras dan angin kencang. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Badung Ni Nyoman Ermy Setiari, menerangkan insiden pohon tumbang yang menutupi jalan dan menimpa kabel PLN terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 07.00 Wita. Saat kejadian, kondisi di wilayah Seminyak sedang diguyur hujan deras dan angin kencang. Hal ini menyebabkan pohon jenis trembesi dengan tinggi 5 meter itu tumbang. “Dugaan awal karena akar pohon sudah lapuk. Sehingga saat angin kencang, pohon langsung tumbang,” ucap Ermy Setiari, Minggu (1/11) siang.

Saat pohon tumbang, tidak ada aktivitas yang mencolok di sekitar lokasi, sehingga tidak mengakibatkan jatuhnya korban. Namun ranting pohon tersebut mengenai kabel milik PLN.

“Setelah mendapat laporan, tim tiba di lokasi pada pukul 08.00 Wita dan melakukan pembersihan. Hanya perlu waktu 30 menit untuk membersihkan area itu,” ungkap Ermy Setiari. Menurut dia, untuk pembersihan dahan pohon, BPBD juga melakukan koordinasi dengan PLN.

Sementara itu, Manajer Unit Layanan Pelanggan Kuta Ida Bagus Surya Respati mengemukakan tumbangnya pohon tersebut mengakibatkan kabel milik PLN mengalami kerusakan. Dalam insiden itu sempat terjadi gangguan. Namun gangguan tidak berlangsung lama karena BPBD melakukan koordinasi cepat ke pihaknya. “Soal kerusakan, memang kabel jatuh karena ranting pohon itu. Namun, semuanya sudah normal lagi dan pasokan aliran listrik sudah tidak ada gangguan,” ujar Respati.

Menurut Respati, dalam insiden itu, aliran listrik khusus rumah warga sekitar sempat padam selama 30 menit. Dia berharap, masyarakat dan instansi lainnya untuk selalu berkoordinasi dengan pihaknya terkait adanya kejadian pohon tumbang atau peristiwa lain yang menimpa jaringan PLN. Hal ini semata agar secepatnya ditangani. “Apalagi saat ini musim hujan, sehingga perlu meningkatkan koordinasi saat kejadian seperti ini. Sehingga, warga tidak dirugikan karena adanya gangguan aliran listrik,” tuturnya. *dar

loading...

Komentar