nusabali

Dua Lamtoro Tumbang di Jalur Pura Silayukti

  • www.nusabali.com-dua-lamtoro-tumbang-di-jalur-pura-silayukti

AMLAPURA, NusaBali
Dua pohon lamtoro panjang 8 meter dengan diameter 30 cm tumbang di jalur Pura Dang Kahyangan Silayukti, Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (29/10) sekitar pukul 21.00 Wita.

Pohon tumbang menutup sebagian badan jalan. Pohon yang tumbuh condong ke jalan raya itu tumbang karena akarnya keropos.

Bendesa Adat Padangbai, I Komang Nuriada, melaporkan pohon tumbang ke petugas BPBD Karangasem malam itu juga. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa ke lokasi dengan 4 petugas membawa 2 chainsaw, Jumat (30/10). Penanganan pohon tumbang dibantu warga dan relawan. Pohon lamtoro tumbang akibat diguyur hujan lebat karena akarnya telah keropos. Saat penanganan pohon tumbang, arus lalu lintas buka tutup.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Kompol I Wayan Suberata, melakukan antisipasi di lokasi. Arus lalulintas pamedek menuju Pura Dang Kahyangan Silayukti dan angkutan wisata relatif sepi sehingga pengendara yang melintas tidak terhambat. “Pohon lamtoro itu milik Pura Dang Kahyangan Silayukti,” kata Komang Nuriada. Dikatakan, di jalur menuju Pura Dang Kahyangan Silayukti, terutama memasuki wilayah bebukitan banyak ada pohon lamtoro untuk penghijauan agar tidak gersang. *k16

Komentar