nusabali

Pura Agung Datu Magintir Datangkan Tukang dari Bali

Bangun Pandungkulan

  • www.nusabali.com-pura-agung-datu-magintir-datangkan-tukang-dari-bali

JAKARTA, NusaBali
Panitia pembangunan Pura Agung Datu Magintir di desa Labuhan, kabupaten Hulu Sungai Tengah, provinsi Kalimantan Selatan mendatangkan tukang dari Bali untuk membangun pandungkulan (pintu utama) pura sepanjang delapan meter.

Selain itu, mereka juga membangun patung balian dan juru papati (tokoh spiritual) di depan pandungkulan.

"Pembangunan dilakukan sejak awal September 2020 kemarin. Kami mendatangkan langsung tukang dari Jembrana, Bali. Ada empat orang yang mengerjakannya," ujar salah satu umat Hindu desa Labuhan, Wirianto Hadi Sucipto kepada NusaBali, Selasa (27/10).

Tukang dari Bali dipilih karena berpengalaman dalam pembangunan pura. Ditambah lagi kualitas pembangunan mereka bagus. Sementara bahan-bahan bangunan mereka peroleh dari daerah sekitar sana.

Pembangunan pandungkulan dan patung tokoh spiritual Pura Agung Datu Magintir merupakan pembangunan tahap dua. Tahap pertama, kata Hadi, mereka membangun padmasana. Sampai saat ini pembangunan pandungkulan dan patung tokoh spiritual masih dalam proses penyelesaian.

Ditargetkan pembangunan selesai pertengahan Desember 2020. Kini mereka masih mencari donasi untuk pembangunan tersebut. Hadi mengatakan, donasi yang mereka peroleh mencapai Rp50 juta. Donasi berasal dari umat Hindu di berbagai daerah.

"Termasuk dari umat Hindu Bali dan Jakarta. Namun, kami masih membutuhkan dana lagi. Lantaran pembangunan memerlukan dana sebesar Rp. 200 juta sehingga masih kurang sekitar Rp. 150 juta," papar Hadi.

Umat Hindu desa Labuhan pun, gencar melakukan penggalangan dana. Mereka menginfokan ke berbagai pihak, termasuk kepada umat Hindu nusantara agar kekurangan dana pembangunan bisa segera terpenuhi.

"Mudah-mudahan kekurangan dana itu bisa segera kami peroleh. Bagi umat Hindu yang ingin donasi bisa mengirimkan ke rekening BRI 449401013736534 atas nama panitia pembangunan," imbuh Hadi.*k22

Komentar