nusabali

Banjar Bau Kawan Loloskan 3 Anggota BPD

  • www.nusabali.com-banjar-bau-kawan-loloskan-3-anggota-bpd

AMLAPURA, NusaBali
Banjar Bau Kawan, Desa Nawakerti, Kecamatan Abang, Karangasem telah meloloskan 3 anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) untuk masa bhakti 2021-2027.

Ini jumlah anggota BPD terbanyak berasal dari satu banjar dinas di Desa Nawakerti. Jatah anggota BPD di Desa Nawakerti sebanyak 7 orang. Hanya di Banjar Bau Kawan yang telah menetapkan anggota BPD, tiga banjar lainnya masih dalam proses.

Perbekel Desa Nawakerti, I Wayan Putu, mengatakan Banjar Bau Kawan dengan penduduk 2.477 orang mendapatkan jatah 3 anggota BPD. Saat penjaringan dan pemilihan anggota BPD dikoordinasikan Ketua Panitia I Wayan Pageh, peminat dari Banjar Bau Kawan cukup banyak yakni 5 calon. Sehingga dilakukan pemilihan untuk meloloskan tiga orang. Mereka yang terpilih yakni I Nyoman Susanta, I Nyoman Srijata, dan Endang. Sementara Banjar Bau Kangin dengan jatah 2 orang, Banjar Bau Kaler 1 jatah anggota BPD, dan Banjar Laga dengan jatah 1 orang anggota BPD, masih tahap penjaringan.

Perbekel I Wayan Putu menjelaskan, Desa Nawakerti dengan penduduknya 4.527 orang, di bawah 12.000 jiwa dapat jatah 7 anggota BPD. Ketentuan jatah anggota BPD diatur UU Nomor 06 tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa. Dalam ketentuan itu ditetapkan syarat-syarat jadi calon anggota BPD, batas usia minimal 20 tahun, bukan sebagai perangkat pemerintah desa, tidak merangkap sebagai pengurus atau anggota Lembaga Kemasyarakatan Desa, tidak sebagai pengurus parpol, dan lain-lain. “Batas akhir penetapan anggota BPD pada tanggal 31 Desember. Setelah seluruh jatah terisi maka dilanjutkan pelantikan. Usai pelantikan BPD rapat menetapkan Ketua BPD,” jelas I Wayan Putu.

Ketua BPD Nawakerti, I Wayan Jelantik, dari Banjar Bau Kangin, kembali mencalonkan diri jadi anggota BPD. I Wayan Putu mengapresiasi jalannya pemilihan anggota BPD yang telah dilaksanakan di Banjar Bau Kawan berjalan demokratis. Walau persaingan cukup ketat, menghadirkan 5 calon dan menetapkan 3 calon terpilih, semua pihak telah menerimanya. I Wayan Putu berharap penjaringan dan penetapan anggota BPD di tiga banjar lainnya juga berjalan demokratis. *k16

loading...

Komentar