nusabali

Go Green GenRe, Cara Pemuda maknai Sumpah Pemuda

  • www.nusabali.com-go-green-genre-cara-pemuda-maknai-sumpah-pemuda

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda adalah suatu peristiwa yang menjadi bukti nyata akan peran para pemuda dan perjuangan mereka dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini merupakan gerakan yang dilakukan oleh para pemuda dan pemudi yang menyatakan ikrar mereka akan kesatuan tanah air, bangsa dan bahasa.

MANGUPURA, NusaBali.com
Pada peringatan Sumpah Pemuda ke 92 di tahun 2020 ini, mengusung tema  “Sumpah Pemuda, Bersatu & Bangkit.  Melalui tema ini diharapkan seluruh pemuda bngkit dan bersatu dalam mengisi kemerdekaan, melalui gotong royong dalam menghadapi situasi Pandemi Covid 19. 

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus P. Proklamasi dalam arahannya pada kegiatan Go Green Go GenRe di Desa Taman, Abiansemal, Badung pada Rabu, (28/10) kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Pengendalian Penduduk dan Penggerakan Dinas P2KBP3A Kabupaten Badung, Gede Widarmika, Pj. Perbekel  Desa Taman, IB Wisnawa. dan juga para remaja dari PIK-R dan Karang Taruna di Desa Taman.

“Pada jaman saat ini, perjuangan para pemuda lebih berat, sehingga harus mampu menjadi pemuda yang energik dan aktif untuk menghadapi tantangan ke depan” ujarnya.


Lebih lanjut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bersama Forum GenRe (Generasi Berencana) Provinsi Bali dengan mengadakan aksi peduli lingkungan melalui bersih-bersih lingkungan dan penyerahan bantuan tempat sampah kepada Kepala Desa di wilayah Kampung KB seluruh Bali. Tidak hanya itu, BKKBN Bali bersama Forum GenRe juga mengadakan rangkaian kegiatan  untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, seperti: Lomba Video Edukasi 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga jarak) secara Virtual .

Pada kegaitan tersebut, Agus P. Proklamasi juga kembali mengingatkan para remaja akan Program 2125 Keren. “Ingat, rencanakan kehidupan berkeluarga, menikahlah di usia yang tepat, perempuan min 21 tahun dan laki-laki min 35 tahun”. Tambahnya.

Sementara Ratih, yang merupakan anggota Forum GenRe mengatakan antusiasnya dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dinilainya sangat positif bagi para remaja ini untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kebersihan lingkungan serta kesadaran akan pentingnya kerjasama dan gotong royong.


“Selamat Hari Sumpah Pemuda, jayalah terus Pemuda Indonesia. Semoga pemuda Indonesia, khususnya di Bali terus maju dan menjadi generasi yang produktif, inovatif dan kreatif” tandas pemudi yang menyabet gelar Duta Genre tk. Kabupaten Badung tahun 2019.  

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Dharma Eka Cita, Banjar Batubayan, I Made Agus Adi Parwata. Menurutnya kegiatan ini sangat bagus dalam rangka untuk meningkatkan kebersihan lingkungan di sekitarnya. Ke depannya, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini akan dilaksanakan secara rutin.*

Komentar