nusabali

Kemenkum HAM Usung Tema Revolusi Digital

Peringatan Hari Dharma Karyadika

  • www.nusabali.com-kemenkum-ham-usung-tema-revolusi-digital

MANGUPURA, NusaBali
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali  Jamaruli Manihuruk memimpin peringatan Hari Dharma Karyadika (HDK) yang digelar secara virtual di ruang Dharmawangsa pada Selasa (27/10) pagi.

Dalam peringatan HDK yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengusung tema revolusi digital, yakni sejumlah pelayanan ke depannya berbasis digital.


Menteri Yasonna dalam sambutannya menyampaikan memperingati HDK 2020 mengusung tema ‘revolusi digital’. Makna dari tema tersebut adalah sebagai tonggak bagi suksesnya layanan publik yang semakin pasti. Pandemi Covid-19 saat ini menjadi test case bagi Kementerian Hukum dan HAM, telah siap menerapkan digitalisasi di seluruh aspek kinerja.

“Kemampuan dalam menyajikan kecepatan berbasis teknologi informasi, akurasi data, kekuatan sistem dan jaringan serta pengelolaan bandwith untuk internet, benar- benar diuji saat ini dengan mengandalkan kemampuan teknologi untuk berperang menghadapi pandemi Covid-19,” kata Menteri Yasonna.

Digitalisasi memungkinkan ketersediaan layanan KemenkumHAM yang lebih merata serta menyentuh hingga masyarakat demi kepastian hukum. Momentum Hari Dharma Karyadhika tahun ini adalah momentum yang tepat untuk evaluasi dan introspeksi bagi seluruh jajaran dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dia juga menekankan, jajaran Kementerian Hukum dan HAM harus senantiasa ingat akan janji-janji sebagai abdi negara dengan mengedepankan pelayanan masyarakat. “Mari bersama kita buktikan kepada bangsa dan negara, bahwa kita bisa dan mampu memberikan yang terbaik untuk negeri ini,” kata Menteri Yasonna.

Upacara peringatan HDK 2020 juga dirangkaikan dengan syukuran, launching e-Visa dan SIP-Kumham serta pemberian penghargaan oleh MenkumHAM, salah satu yang mendapat penghargaan adalah Gubernur Bali atas partisipasinya dalam pembentukan Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (Posyankumhamdes) di 121 desa pada 57 kecamatan di 9 kabupaten/kota di Bali. *dar

Komentar