nusabali

Buleleng Perluas Swab Test Warga Kontak Pasien Covid-19

  • www.nusabali.com-buleleng-perluas-swab-test-warga-kontak-pasien-covid-19

SINGARAJA, NusaBalis
Ketentuan pemberlakuan swab test bagi terduga pasien Covid-19 akan dilonggarkan.

Swab sesuai revisi kelima Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang sebelumnya sangat terbatas, kini akan diperluas untuk semua kontak erat dengan pasien Covid-19. Perluasan akan diberlakukan pada November 2020.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng Gede Suyasa, Selasa (27/10), mengatakan perubahan skema uji swab ini sesuai instruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Uji swab lebih intens ini untuk menekan jumlah penularan yang sulit terpantau dari pasien Covid-19 tanpa gejala. Selain itu akan memudahkan gugus tugas untuk pemetaan penyebaran Covid-19. Gugus tugas juga akan melakukan uji swab secara acak kepada Aparatur Sipil Negara, personel TNI dan Polri. Terutama bagi mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat. Saat ini gugus tugas sedang menyusun jadwal dan skema penugasan tim medis.

Hanya saja masih menjadi kendala adalah tim medis pengambil spesiment swab masih terbatas. Kondisi ini akan dipersiapkan lebih matang dalam waktu dekat. “Kalau spesimennya kami bisa uji di Lab PCR RSUD Buleleng dan di Sanglah juga bisa. Lab PCR di RSUD  Buleleng, akhir Oktober 2020, sudah bisa diujicobakan,” imbuh Suyasa.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Buleleng pada Selasa (27/10), terdapat 8 kasus konfirmasi baru. Dari jumlah itu, 5 orang dari Kecamatan Gerokgak, 2 orang dari Kecamatan Buleleng dan 1 orang dari Kecamatan Seririt. Ada 6 pasien Covid-19 sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Buleleng, Banjar, Sawan masing-masing 1 orang sedangkan 3 orang lainnya dari Kecamatan Seririt.

Kasus Covid-19 kumulatif yang tercatat gugus tugas 1.012 orang. Dari jumlah ini, 918 orang sembuh, 53 orang meninggal, dan 41 orang masih perawatan di rumah sakit di Buleleng maupun luar Buleleng.*k23

loading...

Komentar