nusabali

Pemuteran Bay Festival 2020 Tampilkan Beragam Pesona

  • www.nusabali.com-pemuteran-bay-festival-2020-tampilkan-beragam-pesona

SINGARAJA, NusaBali
Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, tak henti-hentinya menyelenggarakan ajang yang menampilkan beragam pesona.

Desa yang didapuk sebagai Global Top 100 Sustainable Destination Awards 2020 ini bukan hanya menggaungkan keindahan pariwisata saja, namun juga kesenian yang tumbuh dan berkelindan di dalamnya.

Setelah kesuksesan Desa Pemuteran meraih tiga penghargaan terbaik kategori Best of Nature Green Destination Awards, kini desa yang berada di Buleleng barat ini pun sukses menjadi lokasi sebagai aktivasi Pemuteran Bay Festival 2020.

Pemuteran Bay Festival 2020 dilatarbelakangi oleh komitmen masyarakat Desa Pemuteran untuk berkelanjutan melakukan kegiatan konservasi lingkungan. Serta upaya mewujudkan Desa Pemuteran sebagai tujuan wisata alternatif berbasis pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan ecotourism.

Berbagai penghargaan dan prestasi yang diraih Desa Pemuteran di bidang pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, sudah sepatutnya untuk terus digaungkan melalui ajang festival seni budaya lingkungan. Hal ini dilakukan untuk memberikan atraksi yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung.

Tahun ini adalah kali kelima berlangsungnya Pemuteran Bay Festival. Sejak lima tahun berturut-turut kehadirannya, festival ini kerap mendukung upaya pariwisata dengan potensi atraksi dan objek wisata yang dimilikinya, yang sangat variatif untuk terus diperkenalkan secara berkesinambungan.

Meski terhalang pandemi Covid-19, tak menggentarkan niat penyelenggara Pemuteran Bay Festival untuk tetap melangsungkan festival dengan penyesuaiaan terhadap protokol kesehatan dan suguhan yang disajikan secara virtual. Festival yang dilangsungkan di Tajung Budaya Dalem, Desa Pemuteran ini berlangsung meriah pada 23-25 Oktober.

Dimulai dari pukul 09.00 Wita hingga 21.00 Wita, festival ini juga difungsikan sebagai wadah untuk berbagi serta memperkenalkan potensi Desa Pemuteran yang lain sebagai salah satu objek wisata alternatif dengan skema pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan.

"Pemuteran Bay Festival 2020 kami selenggarakan sekaligus sebagai ajang untuk perayaan promosi dan evaluasi atas penghargaan tiga terbaik kategori Best of Nature Green Destination Awards," kata Agung Bagus Mantra, insiator Pemuteran Bay Festival.

Sebagai founder Pemuteran Bay Festival, tahun ini, ia menghadirkan dengan jernih sederetan langgam peristiwa pada ajang ini. Festival diisi dengan oleh sejumlah kegiatan environmental, seperti Reef Gardening, Beach and Bay Clean Up, Yoga, Nature and Creative Talk, Fishing Competition, Live Cooking.

Pemuteran Bay Festival juga dihiasi dengan pertunjukan musik dari beberapa band dan musisi kenamaan tanah air, seperti: Jack & Konot, Emoni, Ayu Laksmi, Kalimasada, The Small Axe, Kroncong Jancuk, Jun Bintang, Gerokgak Music Community dan Robi Navicula.

"Desa Pemuteran bangga. Masyarakat bangga. Kita patut bangga. Sebab dengan diraihnya penghargaan ini, sangat mengharumkan negeri kita tercinta. Penghargaan ini akan diserahkan pada tahun 2021 nanti, postponed, seharusnya diserahkan di ITB Berlin 2020," tandas dia.*cr75

Komentar