nusabali

126 Peserta Raih Medali

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2020

  • www.nusabali.com-126-peserta-raih-medali

JAKARTA, NusaBali
Meskipun Indonesia masih berjuang melawan pandemi Covid-19, tidak menyurutkan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menggelar Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) Tingkat Nasional Tahun 2020.

LKS ke-28 yang berlangsung pada tanggal 18-23 Oktober 2020 lalu itu, diikuti oleh 932 peserta dari 533 sekolah di 34 provinsi di Indonesia. Kompetisi tersebut mengasah kemampuan peserta didik SMK, dan dinilai oleh 129 anggota dewan juri dan 93 asisten juri. Terdapat 42 orang peraih medali emas, 42 orang peraih medali perak, dan 42 orang peraih medali perunggu dengan total 126 peraih dan 297 peraih Medallion for Excellence atau superior.

Penghargaan kepada 42 peserta yang tergigih, terdisiplin, terjujur, dan beberapa kategori apresiasi dikatakan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Kemendikbud, Asep Sukmayadi merupakan bentuk penghargaan Kemendikbud untuk semua anak Indonesia yang sudah menunjukkan talenta di bidang keterampilan kejuruan.

“Pada tiap bidang lomba, ada tiga peringkat medali emas, perak, perunggu dan satu medali superior yang kita tetapkan dengan skema competition information system. Medali superior diberikan kepada peserta yang nilainya di atas skala 700 CIS,” kata Asep dalam sambutannya ketika menutup kegiatan yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi Kemendikbud pada pekan lalu.

Para juara pada LKS kali ini akan dikutsertakan pada seleksi kompetisi internasional yaitu Asian Skills Competition, World Skills Asia, dan World Skills Competition. “Mereka akan menjadi duta talenta hebat Indonesia untuk dunia,” terang Asep.

Direktur SMK, Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, M. Bakrun pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada Puspresnas yang tetap melaksanakan kegiatan ini meski di tengah pandemi. “Semua yang mengikuti LKS tingkat nasional ini sudah merupakan yang terpilih dan terbaik. Kalian semua masing-masing punya talenta yang mudah-mudahan selalu dikembangkan dan diasah,” tutur Bakrun.

Penyelenggaraan LKS 2020 berhasil terwujud berkat dukungan semua pihak, mulai dari dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, para guru, orang tua, peserta, dan mitra industri. Asep mengapresiasi dukungan mitra industri yang terus mendukung anak-anak Indonesia berkarya dan berlomba.

“(Khususnya) Kami juga mengucapkan terima kasih pada Gubernur Kalimantan Selatan atas perkenannya menjadi tuan rumah,” pungkas Asep. Daftar Pemenang LKS SMK dapat diakses pada laman resmi Puspresnas Kemendikbud, yaitu pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. *

loading...

Komentar