nusabali

Pemuteran Bay Festival VI 2020 Digelar Virtual

  • www.nusabali.com-pemuteran-bay-festival-vi-2020-digelar-virtual

SINGARAJA, NusaBali
Pemuteran Bay Festival VI 2020 sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Karena berlangsung di bawah pandemi Covid-19, festival yang dilaksanakan di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, 23-25 Oktober 2020, dengan usung tema ‘Mulatsarira’ ini digelar secara virtual.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Made Sudama Diana, Pemuteran Bay Festival VI 2020 ini memang dikemas berbeda. Festival digelar secara virtual, yang merupakan terobosan baru, dengan tujuan untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

Pemuteran Bay Festival VI 2020 ini mengangkat tema filosofi Hindu, yakni ‘Mulatsarira’, yang berarti refleksi diri. “Prinsip spiritual dalam memandang perbuatan, pikiran, dan nilai-nilai yang dilakukan oleh diri sendiri untuk mencapai keseimbangan hidup Tri Hita Karana. Sejauh mana kita memperhatikan alam lingkungannya dan aktivitas ke Tuhan sebagai pencipta, serta harmonisasi dengan sesama," jelas Sudama Diana di Singaraja, Jumat (23/10).

Sudama Diana menerangkan, seluruh kegiatan dalam Pemuteran Bay Festival VI 2020 dilangsungkan selama tiga hari, tidak melibatkan banyak peserta dan tidak ada undangan. "Susunan kegiatan festival sudah ditata oleh tim kreatif dan juga diukung oleh pemerintah desa, adat, dan masyarakat setempat," katanya.

Disebutkan, masyarakat bisa menyaksikan pelaksanaan Pemuteran Bay Festival melalui laman YouTube Pregina Art Showbiz Bali dan di laman Facebook Pemuteran Bay Fest. "Festival ini live streaming. Ada juga kegiatan langsung ke lapangan, seperti pembersihan di sekitar pantai, namun tetap dibatasi jumlah pesertanya dan juga wajib memakai masker serta jaga jarak fisik," tandas Sudama Diana.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Pemuteran Bay Festival VI 2020 ini, antara lain, yoga, konservasi terumbu karang, kompetisi memancing, bersih-bersih pantai, talk show pariwisata dan lingkungan, serta pertunjukan musik. Festival virtual ini diharapkan berjalan dengan lancar dan sukses. “Sehingga tujuan bersama dalam melestarikan dan mempromosikan seni, budaya, dan berbagai potensi destinasi wisata Buleleng dapat tercapai.”  *cr75

loading...

Komentar