nusabali

Bupati Suwirta Harap Masyarakat Kembali Bertani dan Berkebun

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-harap-masyarakat-kembali-bertani-dan-berkebun

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan masyarakat yang dulunya bertani maupun berkebun agar kembali melakoni aktivitas tersebut.

Langkah ini agar masyarakat  tetap bertahan di tengah dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Demikian disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kecamatan Nusa Penida, Rabu (21/10).

BLT yang disalurkan pemerintah diharapkan agar dipergunakan sebaik-baiknya oleh penerima guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bantuan dari APBD Kabupaten Klungkung. Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra. BLT diberikan kepada warga di Desa Batukandik, Desa Batumadeg, dan Desa Bunga Mekar.

Penerima bantuan merupakan warga terdampak pandemi yang tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka juga belum pernah tersentuh bantuan apa pun. "Manfaatkan bantuan ini dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang dulunya bertani, berkebun mari kembali lakukan aktivitas itu," ujar Bupati Suwirta di hadapan penerima bantuan.

Kepada masing-masing kepala dusun, Bupati Suwirta meminta untuk melakukan pendataan dengan benar. Jangan sampai nantinya ada warga yang berhak untuk mendapatkan bantuan malah tercecer. Selain itu, untuk warga lansia yang kurang mampu dan tidak punya siapa-siapa lagi, Bupati Suwirta mendorong untuk dimasukkan kedalam Data Terpadu Kesehatan Sosial (DTKS) sehingga warga ini bisa mendapat bantuan rutin dari pemerintah. Dihadapan penerima bantuan, Bupati Suwirta juga mengingatkan agar pandemi Covid-19 ini bisa dijadikan guru, jika nantinya kasus serupa terjadi lagi.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengatakan, BLT tahap I ini diserahkan kepada desa yang sudah siap dan sudah menyetorkan data secara lengkap. Data tersebut antara lain sudah siapkan Desa Batukandik 239 orang, Desa Batumadeg 45 orang, dan Desa Bunga Mekar sebanyak 243 orang. *wan

Komentar