nusabali

Musim Hujan, PUPR Terjunkan Pasukan Biru Prokasih

Gencarkan Pembersihan Sungai dan Drainase Kota

  • www.nusabali.com-musim-hujan-pupr-terjunkan-pasukan-biru-prokasih

DENPASAR, NusaBali
Musim hujan sudah dimulai. Pemkot Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pun mulai sigap antisipasi banjir.

Salah satu langkahnya, yakni terjunkan Pasukan Biru Prokasih untuk menggencarkan pembersihan sungai dan saluran air. Pembersihan ini dilakukan untuk mengurangi volume sampah di dalam saluran drainase agar tidak banjir saat musim penghujan.

Kadis PUPR Kota Denpasar, I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta, saat dihubungi, Senin (19/10) menjelaskan bahwa PUPR Kota Denpasar melalui ‘Pasukan Biru Prokasih’ terus menggencarkan pembersihan sungai dan saluran air. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah atau benda lainnya.

"Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai dan saluran air yang sebenarnya, hal ini dilaksnakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu," ujarnya

Lebih lanjut dikatakan Jimmy secara umum kondisi sungai dan saluran air di Kota Denpasar sudah sangat baik. Namun demikian tingginya intensitas hujan dan bertambahnya volume air dengan cepat membuat terjadi genangan di beberapa titik, namun pasca hujan reda akan segera kembali normal. Jimmy turut mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainnya agar tidak terdapat tumpukan sampah yang bisa menyebabkan volume air meningkat. Hal ini mengingat sudah memasuki musim hujan.

Selain itu pula, Bali khusudnya Kota Denpasar yang bertumpu pada sektor pariwisata juga wajib menjaga kebersihan lingkungan. "Selain menyebabkan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah juga akan bergerak menuju muara, ini akan mengotori pantai, jadi masyarakat dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air," tandasnya. *mis

Komentar