nusabali

Klungkung Gelar Workshop Pengelolaan Dana Desa

  • www.nusabali.com-klungkung-gelar-workshop-pengelolaan-dana-desa

SEMARAPURA, NusaBali
Guna memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa, Pemkab Klungkung menggelar Workshop Pengelolaan Dana Desa Cepat, Tepat, dan Terpadu, Sebagai Upaya Penanganan Dampak Covid-19.

Kegiatan digelar di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Kamis (15/10). Workshop dibuka langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dihadiri Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Kasubdit Fasilitas Pengelolaan Keuangan Desa Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Farida Kurnianingrum, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Tri Budianto, Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintahan Daerah BPKP Bea Rejeki Tirtadewi, dan seluruh perbekel.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyambut baik acara workshop ini guna meningkatkan koordinasi seluruh stakeholder dan evaluasi terhadap pelaksanaan penyaluran serta penggunaan dana desa di Klungkung, Dana desa ini khusus untuk penanganan dampak ekonomi di masa pandemi.

Bupati Suwirta berharap kegiatan workshop ini dapat memberikan pemahaman kepada kepala desa terhadap penggunaan dana desa. Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Di mana prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk program kegiatan percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) desa. Pencapaian ini melalui pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa dan adaptasi kebiasaan baru desa.

Jelas Bupati, dalam menyikapi dampak ekonomi karena pandemi Covid-19, Pemkab Klungkung melalui desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sesuai amanat Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan BLT APBD Klungkung tahun 2020. "Berkat dukungan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada kecamatan dan desa, sehingga dalam pelaksanaan penyaluran BLT dana desa dapat berjalan secara cepat, efektif, dan tepat sasaran," ujar Bupati Suwirta

Dalam kesempatan tersebut dilakukan monitoring dan evaluasi secara langsung di Balai Banjar Jelantik Koribatu, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung. *wan

Komentar