nusabali

Paripurna DPRD Gianyar Diwarnai Aksi Berpantun

Sebagai Ungkapan Apresiasi Kinerja Bupati 'Agus' Mahayastra

  • www.nusabali.com-paripurna-dprd-gianyar-diwarnai-aksi-berpantun

Terkait fraksi yang menyampaikan apresiasi dengan pantun dan sajak, Bupati ‘Agus’ Mahayastra menilai sebagai wujud keharmonisan eksekutif-legislatif.

GIANYAR, NusaBali

Sidang Paripurna DPRD Gianyar, Rabu (14/10) menghadirkan suasana berbeda dan penuh kehangatan dibandingkan dengan sidang serupa sebelumnya. Sidang paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi terkait Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD Kabupaten Gianyar Tahun 2021 oleh Bupati Gianyar, I Made ‘Agus’ Mahayastra, di Gedung DPRD Gianyar, Senin (12/10), diwarnai aksi berpantun dan pembacaan sajak oleh anggota dewan.

Empat fraksi di DPRD Gianyar, yakni Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar dan Fraksi Indonesia Raya mengapresasi positif kinerja Bupati Agus Mahayastra. Apresiasi itu mulai dari soal kesiapsiagaan penanganan Covid-19, pelaksanaan program pembangunan meski di tengah pandemi, penyelamatan ekonomi masyarakat dengan bantuan sembako dan stimulus untuk usaha mikro dan kecil.

Tak hanya dukungan positif atas kinerja Pemkab Gianyar di tengah serangan wabah ini, Bupati Mahayastra juga mendapatkan dukungan agar kembali maju mencalonkan diri sebagai Bupati Gianyar setelah masa jabatan dua periode nanti. Menariknya, tiga dari empat fraksi di DPRD Gianyar menyampaikan kekaguman dan dukungan terhadap kinerja Bupati Mahayastra melalui materi pemandangan umum berisi pantun dan sajak.

Apresiasi dan dukungan dimulai dari Pemandangan Umum Fraksi PDIP melalui juru bicara I Putu Gede Pebriantara.

Dia pun berpantun, ‘Buah semangka buah duren, tidak menyangka pak Agus keren. Buah nangka buah manggis, tidak menyangka tiyang mula manis. Bli nyoman ke negara negakin sepeda, Paket Aman astungkara dua periode’. Pemandangan Umum Fraksi Demokrat melalui ketuanya, I Gde Sudiarta dengan pantun, ‘Ke pantai bolehlah kita berdua, pakai topi lewat ke dermaga. Partai kita bolehlah berbeda, tapi ingat kita tetap bersaudara. Meli anyar negakin hardtop, ulam cumi bee pindang mesuwun,

Bupati Gianyar memang top, masan pandemi ngidang membangun.

Buah mangga buah durian,ke Sukawati meli kebasa, saya bangga jadi dewan bupatinya tetap Agus Mahayastra’.

Khusus Ketua Fraksi Indonesia Raya, Ngakan Ketut Putra, usai membacakan Pemandangan Umum Fraksi, membacakan sajak, yakni ‘Aku Tahu, Siapa Engkau, Aku Tahu, Aku Tahu, Siapa Engkau, Engkau dilahirkan nun jauh di Gianyar Utara, Aku Tahu, Ketika Engkau menempuh pendidikan di salah satu SMA terkenal di Gianyar, Engkau pernah tinggal kost di salah satu lingkungan di Kelurahan Gianyar, Aku tahu, Engkau mengawali karier politikmu, Engkau mulai dari Anak Ranting, Terus Ranting dan berlanjut ke PAC, Bahkan memimpin salah satu Organisasi Politik terkenal di Kabupaten Gianyar. Aku Tahu, Engkau pernah memimpin lembaga terhormat ini, dan Aku rahu engkau pernah menjadi orang kedua di Bumi Seni ini, tapi berkat kesabaranmu dan keikhlasanmu akhirnya, Engkau terpilih menjadi orang nomor 1 (satu) untuk memimpin Gianyar yang kita cintai ini. Sebagai rasa Banggaku wajar jika Aku memberi julukan kepada Engkau sebagai Bapak Pembangunan Gianyar.
Hari ini aku memberikan ramalan buat Engkau,

Kelak suatu ketika Engkau akan memimpin Organisasi Politik terkenal di Bali, Bahkan Engkau akan menjadi orang nomor 1 (satu) untuk memimpin Rakyat Bali. Untuk itu tunjukkan kesabarannmu kejujuranmu dan keikhlasanmu.

Hanya Fraksi Golkar melalui anggota, I Made Togog menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi tanpa menyertakan pantun atau sajak, tetapi juga menyatakan  menerima ranperda RAPBD 2021 untuk dibahas lebih lanjut.

Usai sidang, Bupati Mahayastra menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para anggota DPRD yang telah mengapresiasi baik kinerjanya di tengah pandemi ini. Terkait fraksi yang menyampaikan apresiasi dengan pantun dan sajak, Bupati asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan ini menilai sebagai wujud keharmonisan sinergi antara eksekutif dengan lembaga DPRD. “Mudah-mudahan jalinan sinergi dan kerjasama ini terus terjaga dengan baik,” jelasnya. *nvi

Komentar