nusabali

Dusun Tegalwangi Garap Pamsimas

  • www.nusabali.com-dusun-tegalwangi-garap-pamsimas

SEMARAPURA, NusaBali
Warga Dusun Tegalwangi, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, kini memiliki Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Pamsimas memanfaatkan air bersih dari mata air di dusun setempat.  Perbekel Desa Nyalian Cokorda Gede Agung Maha Putra mengatakan, debit air yang diangkat dari sumber mata air itu berkapasitas 5 liter/detik. Air yang diangkat selanjutnya akan ditampung pada reservoar (bak penampungan) dengan daya tampung 27.000 liter atau 27 kubik. Air ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Dusun Tegalwangi. Tidak menutup kemungkinan jika seluruh masyarakat disini sudah terlayani, air Pamsimas Tegalwangi dan jika debit air masih mencukupi, akan disalurkan ke wilayah banjar lain di Desa Nyalian. "Ini untuk memenuhi kebutuhan di Dusun Tegalwangi dulu. Kalau misalnya debit air masih stabil di Tegalwangi, kami akan salurkan  ke utara, wilayah Desa Nyalian," sebutnya, Selasa (13/10).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau pengerjaan Pamsimas tersebut, Selasa (13/10). Dalam tinjauannya, Bupati Suwirta berharap proses pengerjaan ini agar dapat dilaksanakan dengan baik. Begitu pula dalam pengelolaan nantinya bisa dijalankan dengan baik, sehingga masyarakat bisa menikmati air dengan harga lebih murah. Bupati meminta agar Pamsimas benar-benar dijaga dan disiapkan teknisi khusus untuk menanganinya. Diharapkan, setelah Pamsimas ini beroperasi, masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. "Pastikan dulu berapa debit airnya setelah itu pengelolaannya agar dilakukan dengan baik," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar