nusabali

Mahasiswa Unud Wakili Bali di Ajang PPKI 2020

  • www.nusabali.com-mahasiswa-unud-wakili-bali-di-ajang-ppki-2020

JAKARTA, NusaBali
Mahasiswa semester VII Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana (Unud), Jimmy Fernando Pangaribuan, mewakili Bali dalam ajang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia (PPKI) 2020.

Jimmy mewakili Bali di bagian Putera setelah bersaing dengan 17 peserta lainnya. Kini anak ketiga dari tiga bersaudara ini tinggal menanti jadwal karantina PPKI.

"Perwakilan Bali di bagian Putera untuk PPKI 2020 sudah terpilih. Namanya Jimmy Fernando," ujar As CEO of PPKI, M Satrio Nusantara, kepada NusaBali, Selasa (13/10). Menurut Satrio, peserta yang mewakili Bali total ada 18 orang. Mereka mengikuti seleksi secara online.

Dari 18 orang tersebut terpilih Jimmy, lantaran dinilai punya karakter unik. "Karena pada dasarnya Jimmy merupakan pendatang, tapi dia bisa menetap dan mempelajari budaya Bali. Karakter itu yang jarang kami temui di generasi sekarang, yaitu mempelajari budaya setempat," jelas Satrio. Bagi Satrio itu sejalan dengan PPKI. Sebab di PPKI pada hakekatnya sama-sama belajar memahami budaya lain.

"Karakter itulah yang kami cari. Apalagi Jimmy bisa sedikit menari Bali," jelas Satrio. Terkait karantina PPKI 2020, Satrio memaparkan akan dilaksanakan pada 2-10 Januari 2021 mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

Sementara Jimmy saat dihubungi menyatakan guna mempersiapkan diri mengikuti karantina PPKI, dirinya telah mengumpulkan berbagai informasi tentang budaya Bali. Kemudian dia juga akan belajar menari dari teman kampusnya yang mengikuti UKM tari tradisional.

"Saya belum terlalu menguasai satu jenis tarian. Oleh karena itu, saya akan belajar dengan teman kampus yang mengikuti UKM tari tradisional," papar pria yang tinggal di Jimbaran, Kecamatan Kuta, Badung sejak tahun 2017 ini. Tak ketinggalan, Jimmy menghubungi perwakilan Bali di PPKI 2018 dan 2019 lalu.

Maklum wakil Bali dibagian Putera pada tahun 2018, I Putu Karismawan Aritama meraih Runner Up III. Kemudian wakil Bali di tahun 2019 AA Wahyu Gede Putra (Agung) mendapat predikat Putera Fotogenic. Dengan komunikasi, setidaknya Jimmy bisa konsultasi kepada para seniornya.

Anak dari pasangan Bangkit Pangaribuan dan Agustina Rossianti Siboro ini mendapat masukan untuk melakukan advokasi. Advokasi yang dilakukan Jimmy adalah edukasi mengenai wisata budaya Bali lewat instagram etadali_2020.

"Etadali merupakan singkatan dari edukasi wisata budaya Bali. Melalui instagram itu, saya memberikan edukasi tentang wisata budaya di era pandemi. Tujuannya untuk memberi wawasan dan mengangkat kembali nilai-nilai Tri Hita Karana sebagai konsep kosmologi dalam ketentraman kehidupan," papar pria kelahiran 20 Juni 1999 ini. Jimmy berharap di PPKI nanti dapat menuai hasil bagus, setidaknya bisa melebihi prestasi pendahulunya. *k22

loading...

Komentar