nusabali

40 Duktang di Dangin Puri Kelod Didata Ulang

Sosialisasi Disiplin Penerapan Prokes Cegah Covid-19

  • www.nusabali.com-40-duktang-di-dangin-puri-kelod-didata-ulang

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 40 orang penduduk pendatang (Duktang) di Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur, Senin (12/10) malam dari pukul 20.00-22.00 Wita dilakukan pendataan kembali.

Selain itu juga dipastikan kepatuhan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk terus mensosialisasikan serta memastikan disiplin penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, Made Sada, menjelaskan pelaksanaan kegiatan kali ini dilakukan untuk mengecek penerapan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat, pedagang, pengunjung warung, toko maupun minimarket di lingkungan Desa Dangin Puri Kelod. Hal ini berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan, yakni wajib mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak.

Dari hasil pelaksanaan sidak, dari 40 duktang yang diperiksa semuanya memiliki kelengkapam identitas kependudukan. Namun, mereka tetap dilakukan pembinaan untuk selalu melapor ke kantor desa sebagai pertanggung jawaban jika terjadi hal yang tidak diinginkan. "Duktang yang kami data ada 40 orang. Mereka lengkap mengantongi identitas, setelah itu ada pembinaan," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Hal ini berkaitan dengan penegakan hukum Pergub Nomor 46 tahun 2020 dan Perwali Nomor 48 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan kali ini juga untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa aturan tersebut dilaksanakan pengawasan intensif yang disertai penegakan hukum berupa denda. “Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mulai sadar dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan guna mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Perbekel Made Sada berharap masyarakat agar mengetahui dan semakin paham bahwa cara yang sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan virus Covid-19 adalah disiplin dan kesadaran pada diri sendiri memakai masker yang benar dan tidak menaruh masker di leher. "Dengan mengikuti itu semua maka virus Covid-19 cepat bisa kita atasi dan perekonomian bisa pulih kembali,” imbuhnya. *mis

Komentar