nusabali

Harapkan Harmoni Neymar-Firmino

Jelang Peru vs Brasil, Rabu Pagi Wita

  • www.nusabali.com-harapkan-harmoni-neymar-firmino

LIMA, NusaBali
Menghadapi Peru pada matchday 2 Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, Brasil mengharapkan harmoni duet Neymar dan Roberto Firmino.

Laga akan digelar di Estadio Nacional, Lima, Peru, Rabu (14/10) pagi, sekitar pukul 08.00 Wita. Sebelum duel nanti, Brasil menang telak 5-0 saat menjamu Bolivia.  Sedangkan Peru menuai hasil imbang 2-2 di Paraguay. Dua gol Peru diborong oleh Andre Carrillo.

Kedua tim terakhir kali bertemu, pada laga ujicoba di Los Angeles Memorial Coliseum, AS, pada September 2019. Laga itu dimenangi Peru berkat gol tunggal Luis Abram. Sebelumnya, Brasil mengalahkan Peru 3-1 pada final Copa America 2019.

Sementara itu, pelatih Brasil Tite memuji penampilan Neymar dan kontribusi Firmino pada laga perdana lawan Bolivia, Sabtu lalu. Tite menyebut duet mereka menciptakan harmoni bagi tim Samba.

Firmino, striker Liverpool, mencetak dua gol saat Brasil membuka babak kualifikasi Piala Dunia 2020 dengan gaya permainan yang impresif, meski tidak memainkan laga internasional hampir 12 bulan.

Marquinhos dan Philippe Coutinho juga ikut mencatatkan nama di papan skor, dengan Bolivia mencetak gol bunuh diri di Sao Paulo.

Neymar, yang mencetak 61 gol dari 102 caps untuk timnas, tidak mencetak gol, namun striker Paris Saint-Germain (PSG) itu cukup berpengaruh sepanjang laga. Ia tidak menunjukkan tanda-tanda memiliki masalah punggung selama persiapan.

"Kami mencari pengetahuan, strategi, [bermain] dengan harmoni. Neymar lebih longgar, lebih sentral, dengan kebebasan pergerakan, karena penjagaan tim lawan lebih menuntut,"kata Tite.  

Tite berharap penampilan impresif itu terulang saat lawan Peru. Yakni, Coutinho bermain ke dalam, dengan Firmino tidak jauh di belakang. Firmino juga tidak terlalu banyak mencari bola dan lebih banyak menunggu.

Namun Firmino sosok yang dibutuhkan Tite untuk permainan yang efektif. Tite mengatakan tidak akan mengubah fungsi tim, namun akan mengadaptasikannya agar sesuai saat menghadapi Peru. Tite juga berharap timnya bisa sama tajamnya saat lawan Peru nanti.

"Itu fitur untuk mempertahankan penguasaan bola. Tapi, tidak ada gunanya mendapatkan bola dan melakukan sedikit finishing," ujar Tite. *

Komentar