nusabali

Diikuti 50 Guru Agama Hindu

Pembinaan Pembacaan Kitab Weda

  • www.nusabali.com-diikuti-50-guru-agama-hindu

JAKARTA, NusaBali
Guru agama Hindu di Banten mengikuti pembinaan pembacaan kitab suci Weda di wantilan Pura Kertajaya, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Pembinaan pembacaan kitab suci tersebut diselenggarakan oleh Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten. Menurut Pembinas Hindu Provinsi Banten, ada 50 guru agama yang ikut serta.

"Peserta merupakan guru pendidikan agama Hindu baik PNS mau pun Non PNS di provinsi Banten. Lalu guru pada pasraman atau sekolah minggu yang ada di Provinsi Banten. Jumlahnya 50 orang," ujar Sunarto kepada NusaBali, Sabtu (10/10).

Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sunarto menyatakan, kegiatan dilaksanakan sebagai persiapan mengikuti Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat nasional yang akan berlangsung tahun 2021 mendatang. Oleh karena itu, mereka menghadirkan beberapa juri UGD tingkat nasional.

"Kami mendatangkan Ketut Sudaria dan I Wayan Arnawa, karena sebagai persiapan menyambut event UDG nasional tahun depan. Untuk itu, perlu adanya pelatihan bagi para guru maupun tenaga pengajar guna melatih anak didik dan peserta yang menjadi juara di tingkat provinsi," terang Sunarto.

Pemilihan juri nasional sebagai narasumber dalam kegiatan ini, lanjut Sunarto, demi memberi pengetahuan tentang apa saja yang biasanya menjadi kriteria penilaian terutama dalam utsawa membaca sloka dan palawakya.

"Kami mengundang mereka agar guru dan tenaga pengajar dapat melatih peserta didiknya," papar Sunarto.

Event UDG tingkat nasional sendiri akan diselenggarakan tahun depan secara daring atau online. "Tanggal UDG belum ditentukan, tapi berdasarkan rapat dengan Dirjen Bimas Hindu melalui aplikasi zoom akan dilakukan secara online," papar Sunarto. *k22

loading...

Komentar