nusabali

BPBD Bantu Dua Korban Kebakaran

  • www.nusabali.com-bpbd-bantu-dua-korban-kebakaran

AMLAPURA, NusaBali
Kasi KL (Kedaruratan dan Logistik) BPBD Karangasem, Ni Wayan Asmi Sukmawati, menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Banjar Banyuning, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem dan Banjar Belimbing, Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Sabtu (3/10).

Bantuan yang diberikan berisi satu lembar terpal, satu paket sandang, satu selimut, air mineral satu dus, lauk pauk satu dus, ikan sarden satu dus, dan selembar matras. Para penerima baantuan yakni I Ketut Ginarsa, 46, dari Banjar Banyuning, Desa Bunutan dan I Made Berata, 50, dari Belimbing, Desa Pidpid. Rumah I Ketut Ginarsa di Banjar Banyuning, terbakar pada Jumat (2/10). Rumah berukuran 15 meter x 5 meter itu terbakar diduga akibat korsleting listrik. Saat kejadian korban tidak ada di rumah. Sore itu, pemilik rumah bersama istri menggelar persembahyangan keliling desa. Korban baru meninggalkan rumah sekitar 30 menit lalu dapat informasi dari warga Ni Komang Sumiti mengabarkan rumahnya terbakar.

Korban bergegas pulang, garase dan rumahnya terbakar. Turut terbakar sepeda motor Honda Astrea Grand DK 4469 BB rakitan tahun 1997 milik I Gede Ekajaya, sejumlah peralatan olahraga, alat-alat sembahyang dan isi rumah, kerugian diperkirakan mencapai Rp 120 juta. Sedangkan rumah I Made Berata terbakar disebabkan korsleting listrik. Masing-masing korban diberikan satu paket bantuan. “Bantuan ini hanya untuk meringankan beban korban. Sebab BPBD Karangasem hanya material jenis itu yang dimiliki, makanya bantuannya sebatas itu,” kata Asmi Sukmawati.

Dengan kejadian rumah terbakar katanya, setidaknya korban dan warga lainnya lebih meningkatkan kewaspadaan. Terutama dalam hal melakukan sambungan listrik lebih permanen, agar tidak terjadi korsleting, saat mabanten di dalam rumah sebaiknya tidak menancapkan dupa masih menyala karena rentan menimbulkan kebakaran. Usai memasak, yang paling utama pastikan kompor telah mati, kebakaran terjadi diawali hal-hal kecil. *k16

Komentar