nusabali

Penularan Covid-16 Hadang Kelancaran Sensus Lapangan

  • www.nusabali.com-penularan-covid-16-hadang-kelancaran-sensus-lapangan

SEMARAPURA, NusaBali
Partisipasi masyarakat Kabupaten Klungkung relatif tinggi dalam pendataan sensus penduduk (SP) secara online atau dalam jaringan internet.

Namun, pelaksanaan sensus langsung ke lapanbgan sempat terhadang oleh wabah, antara lain, kelian dusun terpapar Covid-19, hingga warga sedang menjalani karantina.  Data di Klungkung, sejak SP online dimulai sejak 15 Februari - 29 Mei 2020, tercatat 92.790 jiwa atau 51,57 persen penduduk sudah melakukan pencatatan data diri.

Oleh karena itu, pendataan SP online di Kabupaten Klungkung menempati posisi kedua atau 58,06 persen,  setelah Kabupaten Gianyar di peringkat pertama. SP online ini dilanjutkan dengan sensus metode pendataan langsung ke lapangan oleh petugas sensus.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klungkung AA A Raka Suarningsih menjelaskan sensus dengan pendataan langsung ke lapangan berlangsung awal September 2020, di tengah pandemi Covid-19 ini. Petugas sensus pun mendapat banyak tantangan sehingga harus bekerja keras. Raka mengatakan, pelaksanaan sensus pada masa pandemi berhasil dilewati dengan baik, tentu dengan sejumlah kendala di lapangan. Di antaranya, ada kepala dusun atau pihak berkompeten, termasuk pengurus SLS (satuan lingkungan setempat) sedang menjalani isolasi karena terpapar Covid-19. Dengan kondisi itu, mereka untuk sementara waktu tidak bisa mendampingi petugas sensus. Sebaliknya ada warga yang akan dikunjungi tengah menjalani isolasi mandiri. "Petugas harus menunggu sampai batas waktu selesai isolasi mandiri tersebut," ujarnya, belum lama ini.

Disebutkan, saat petugas turun senantiasa dilengkapi alat pelindung diri (APD) yang diberikan oleh pihak BPS. Di antaranya, memakai masker, face shiled, sarung tangan, handsanitizer. "Petugas sensus yang direkrut tersebut juga sudah menjalani rapid test," imbuhnya.

Kata Raka, dalam pengumpulan data di lapangan disesuaikan dengan tata kelola di tengah masa pandemi Covid-19. Sensus di Bali berupa pemeriksaan daftar penduduk oleh petugas sensus dan ketua/pengurus SLS. Selain itu, memveriffikasi lapangan dan konfirmasi keberadaan seluruh keluarga dan penduduk yang tinggal di wilayah SLS secara door to door.  “Tahapan verifikasi dan konfirmasi hingga batas waktu sudah semua selesai dilakukan,” ujarnya. *wan

Komentar