nusabali

Orang Tua Perlu Adaptasi untuk Hadapi Anak di Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-orang-tua-perlu-adaptasi-untuk-hadapi-anak-di-masa-pandemi

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi ( Kak Seto) meminta orang tua beradaptasi untuk menyiasati perubahan situasi yang dirasakan anak-anak akibat pandemi Covid-19.

Hal itu diperlukan agar anak-anak dapat bergembira ketika berada di rumah. X Learn more “Jadi karena situasi berubah, orang tua juga harus berani berubah, berubah menjadi lebih tenang, lebih sabar, lebih gembira, lebih kreatif, lebih penuh rasa syukur dan sebagainya,” kata Seto dalam diskusi di Graha BNPB, Minggu (4/10/2020). Baca juga: Anak Sulit Belajar Saat Pembelajaran Jarak Jauh? Simak Tips Berikut... “Jadi dengan berubah begitu, kita memposisikan menjadi sahabat anak-anak, jadi temannya anak-anak,” ucap dia.

Perubahan itu, kata Seto, diperlukan sebab sebelum masa pandemi anak-anak dapat bergembira dan bertemu dengan teman-teman di sekolah. Namun saat ini anak-anak harus lenih sering berada di rumah. Seto menuturkan, jika orang tua terus memberikan perintah maka anak-anak tidak akan betah di rumah.

Ia berharap orang tua dapat memahami perasaan anak, termasuk bisa bersahabat dengan anak, berdiskusi dan membicarakan hal apa saja sehingga anak merasa nyaman. “Sampai anak remaja berpendapat, wah nyokap dan bokap tuh gue banget deh,” tutur dia.

Seto pun mendorong orang tua untuk mengapresiasi setiap bakat dan potensi anak. Menurutnya, dengan memberikan apresiasi maka anak akan makin percaya diri. Ia menyarankan orang tua mengapresiasi potensi bakat anak, misalnya dengan merekam anak saat bernynyi atau memberikan guru les bernyanyi. Hal tersebut, menurutnya bisa disiasati melalui media virtual. “Yang pintar nyanyi diapresiasi, mungkin direkam disebar ke kakek-nenek atau teman-teman ayah dan bunda, yang pinter gambar juga, yang menari juga dan sebagainya,” ujar Seto. “Jadi anak yang ditumbuhkan perasaan percaya diri, bangga menjadi diri sendiri, karena ada apresiasi dari lingkungan keluarga,” tutur dia. *

Komentar