nusabali

Pasemetonan Puri Penebel All Out Dukung Jaya-Wira

  • www.nusabali.com-pasemetonan-puri-penebel-all-out-dukung-jaya-wira

TABANAN, NusaBali
Pasangan Cabup-Cawabup, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan atau Jaya-Wira kembali mendapat amunisi dukungan dari Paiketan Puri Kompyang dan Puri Oka Penebel.

Ini diketahui setelah Jaya-Wira yang diusung PDIP dan didukung Gerindra-PSI menggelar deklarasi di Puri Penebel, Jumat (2/10) malam. Pada intinya Paiketan Puri Kompyang dan Puri Oka sepakat dan all out dukung Jaya-Wira.

Deklarasi langsung menghadirkan Cabup-Cawabup Tabanan, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira). Sejumlah panglingsir dan pengurus Paiketan Puri Kompyang dan Puri Oka yang terdiri dari Puri Jegu, Puri Biaung, Puri Belulang, Puri Kompyang dan Puri Oka hadir. Turut pula dihadiri sejumlah kelian adat di wilayah setempat.

Sebelum deklarasi digelar, rombongan Jaya-Wira yang tiba sekitar pukul 16.30 Wita ini melaksanakan persembahyangan di Pura Batur Puri Penebel. Panglingsir Puri Penebel, dr I Gusti Ngurah Bagus Mahayastra, mengatakan alasan Pasemetonan Puri Penebel mendukung Jaya-Wira karena visi-misinya sama dengan pemerintah pusat, Provinsi Bali serta sama dengan visi-misi Pasemetonan Puri Penebel.

“Maka dari itu kami sepakat mengawal dan all out mendukung Jaya-Wira menjadi pemimpin Tabanan,” jelasnya. Dalam deklarasi itu ada sejumlah point harapan penting yang disampaikan oleh pasemetonan Puri Penebel jika Jaya Wira menang. Point pertama Jaya-Wira ini diminta untuk membuat blueaprint. Maksudnya karena daerah Penebel dan Tabanan bergerak di bidang pertanian, tetap mengutamakan subak.

“Artinya pembangunan Tabanan tidak seperti pembangunan di daerah lain, karena Tabanan sebagai daerah pertanian, pertanian yang harus diutamakan,” tegasnya. Point kedua memperkuat budaya dengan sentralnya puri dengan melibatkan adat sekitar. Sehingga antara puri dan masyarakat bisa bersatu untuk membangun budaya ke depan. “Itu harapan kami agar tetap dipertahankan. Harapan kami sejalan dengan permintaan perwakilan adat untuk melestarikan adat dan budaya yang mana puri sebagai sentralnya,” beber dr Mahayasa.

Hal senada juga disampaikan oleh pengurus Paiketan Puri Kompang dan Puri Oka, I Gusti Ngurah Raka Sumajaya. Pasangan Jaya-Wira diminta untuk mengedepankan pertanian di Tabanan, bahkan diminta di sektor pertanian Jaya-Wira agar bisa mengusulkan bantuan tanaman porang dan menjadikan Kecamatan Penebel sebagai pusat tanaman porang. “Kami berharap pasangan Jaya-Wira ini bisa membawa Tabanan ke arah lebih baik,” harap Sumajaya.

Sementara kepada pasemetonan puri, Cabup I Komang Gede Sanjaya mohon doa restu agar mampu memenangkan paket Jaya-Wira dalam Pilkada Tabanan. “Apa yang menjadi aspirasi tokoh utamnya blueprint serta terkait memperhatikan sektor pertanian merupakan program unggulan kami. Nanti tinggal mengimplentasikan,” katanya.

Sanjaya menambahkan Tabanan memiliki sumberdaya yang luar biasa, sehingga SDM perlu disambungkan dengan sumber alam yang dimiliki saat ini. “Kami juga berharap pertanian akan mampu menjadi sektor unggulan ke depan. Sehingga Tabanan yang aman unggul dan madani akan terwujud,” terangnya. *des

Komentar