nusabali

15 Prajurit TNI dan 22 Warga Sipil Sukarela Donor Plasma Konvalesen

3 Prajurit Kodam IX/Udayana Meninggal Terpapar Covid-19

  • www.nusabali.com-15-prajurit-tni-dan-22-warga-sipil-sukarela-donor-plasma-konvalesen

DENPASAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana kembali melaksanakan kegiatan donor plasma konvalesen.

Kali ini, sebanyak 37 orang pasien Covid-19 yang telah sembuh dengan sukarela mendonorkan plasma darahnya bagi pasien yang sedang berjuang melawan virus tersebut. Kegiatan yang dihadiri Pangdam IX/Udayan Mayjen TNI Kurnia Dewantara ini digelar di Makorem 163/ Wirasatya, Jalan PB Sudirman, Denpasar, Selasa (29/9).

“Hari ini ada 37 pendonor. Harusnya ada 109, namun berdasarkan hasil pemeriksaan yang memenuhi syarat hanya 37 orang. Terdiri dari 22 orang masyarakat dan 15 orang anggota Kodam IX Udayana,” ujar Pangdam Mayjen Kurnia Dewantara kepada awak media di sela-sela kegiatan, kemarin. Menurutnya, donor plasma ini sangat dibutuhkan pasien Covid-19, khususnya pasien dengan kategori sedang hingga berat.

Untuk memperluas dan memperbanyak keterlibatan masyarakat menjadi pendonor plasma konvalesen, kata Pangdam, kegiatan serupa rencananya digelar di tiap kabupaten. “Tujuannya agar masyarakat pendonor yang ada di daerah, misalnya, Singaraja, tidak jauh-jauh datang ke Denpasar untuk donor," katanya.

Kemarin, Pangdam Mayjen Kurnia Dewantara mengungkapkan, selama periode Maret sampai September 2020 ada sebanyak 109 prajurit Kodam IX/Udayana yang terpapar Covid-19. Bahkan 3 orang diantaranya meninggal dunia. “Hingga saat ini sebagian besar sudah dinyatakan sembuh. Sementara yang masih dalam perawatan medis tinggal 9 orang,” ujarnya.

Pangdam menjelaskan tiga prajuritnya yang meninggal dunia dan terpapar Covid-19 itu masing-masing memiliki penyakit penyerta. Satu orang menderita penyakit hipertensi dan dua orang lainnya menderita penyakit diabetes. Namun demikian, Pangdam enggan menjelaskan secara rinci di wilayah mana saja para prajuritnya yang meninggal dan terpapar Covid-19 itu.  

Sementara itu, Dirut RS PTN Unud Dr dr Dewa Putu Gede Purwa Samatra mengatakan, plasma konvalesen bisa menyembuhkan pasien terpapar Covid-19. Dia mengungkapkan, hasil donor yang dilakukan oleh Kodam IX/Udayana pada Agustus 2020 lalu sudah dicoba kepada 15 pasien. “Hasilnya 11 pasien berhasil sembuh. Sementara 4 pasien lainnya tidak berhasil,” ungkapnya.

Sebelumnya, sebanyak 28 dari 46 prajurut TNI dari Kodam IX/Udayana yang pernah terpapar Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh, bersedia melakukan donor plasma konva¬lesen, pada Selasa (11/8). *pol

loading...

Komentar