nusabali

Pangayah dan Pamedek Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jelang Karya Mamungkah di Pura Puseh Desa Adat Datah

  • www.nusabali.com-pangayah-dan-pamedek-wajib-jalankan-protokol-kesehatan

AMLAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Datah, Kecamatan Abang, Karangasem menggelar Karya Mamungkah lan Nubung Daging di Pura Puseh pada Purnama Kalima, Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (31/10) mendatang.

Saat ini krama sudah menggelar persiapan untuk menyuksesakan karya tersebut. Menurut Pangrajeg Karya yang juga Bendesa Adat Datah, I Wayan Gede Surya Kusuma, karya ini merupakan yang pertama sejak 50 tahun terakhir. Pangayah dan pamedek ditegaskan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Wayan Gede Surya Kusuma mengatakan, rangkaian upacara diawali dengan upacara melaspas, rsi gana, dan masesapauh pada Purnama Kapat, Wraspati Kliwon Langkir, Kamis (1/10). Selanjutnya melaksanakan mapepada wewalungan pada Sukra Wage Krulut, Jumat (30/10). Bertindak sebagai Ketua Panitia Karya Jro Mangku Nyoman Sudiarta, Ketua Harian Panitia I Gede Dateng Atmaja, dan dibantu pangayah lainnya.

Selama tahapan upacara Karya Mamungkah lan Nubung Daging di Pura Puseh dijaga pecalang agar pangayah menjalankan protokol kesehatan. Setiap pangayah wajib cek suhu tubuh, cuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak. Pecalang juga telah menyiapkan tempat sembahyang bagi pamedek dengan memberikan tanda silang untuk jaga jarak. “Kedatangan pamedek kami atur agar tidak desak-desakan,” jelas Wayan Gede Surya Kusuma, Senin (28/9).

Dikatakan, penduduk Desa Datah sebanyak 15.365 jiwa tersebar di 14 banjar. Kemarin, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama jajaran menggelar persembahyangan di Pura Puseh Desa Adat Datah mendoakan agar jalannya Karya Mamungkah lan Nubung Daging berjalan lancar. Krama pangayah dan pamedek diimbau menerapkan protokol kesehatan. *k16

loading...

Komentar