nusabali

Mulai Musim Hujan, Polresta Denpasar Siaga Bencana

  • www.nusabali.com-mulai-musim-hujan-polresta-denpasar-siaga-bencana

DENPASAR, NusaBali
Mengahadapi musim penghujan tahun ini Polresta Denpasar antisipasi bencana alam yang mungkin terjadi.

Untuk memantapkan persiapan menghadapi musim penghujan tahun ini, Polresta Denpasar bersama TNI dalam hal ini Kodim 1611/Badung dan instansi terkait lainnya, seperti Basarnas, BPBD, Dinas Kesehatan gelar apel kesiapsiagaan di lapangan apel Mapolresta Denpasar, Senin (28/9).

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, mengatakan apel ini untuk menunjukan kesiapsiagaan Polri dalam hal ini Polresta Denpasar menghadapi bencana alam. Dikatakan saat ini sudah mulai hujan. Polresta Denpasar bersama instansi lainnya mulai mengantisipasi segala bentuk bencana alam pada musim hujan.

"Kami melibatkan 1 peleton (30-an personel). Tim yang terlibat adalah BMKG, Dinas Kesehatan, TNI. Tujuan apel ini untuk bersinergi dan bersatu padu dan memastikan bahwa apabila sewaktu-waktu terjadi bencana kami sudah siap," tutur Kombes Jansen.

Kombes Jansen mengatakan di wilayah hukum Polresta Denpasar yang rawan bencana adalah pada daerah pantai, aliran sungai, dan beberapa titik lokasi yang rawan gempa dan pohon tumbang. Dalam upaya penanggulangan bencana nantinya tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"Dampak bencana alam juga bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran. Oleh karena itu tim yang disiagakan harus lengkap. Kombes Jansen mengaku sebanyak 1 pleton personel Polresta Denpasar yang disiagakan sudah dilatih. Tim ini didukung oleh personel dari instansi lainnya.

"Masyarakat mempunyai hak atas perlindungan dari segala macam ancaman, rintangan, dan gangguan. Negara harus hadir di tengah masyarakat untuk memperoleh haknya. Sehingga kehadiran aparatur negara di lapangan saat bencana alam dapat meminimalkan resiko yang ditimbulkan, seperti kehilangan jiwa dan harta benda," tandasnya. *pol

Komentar