nusabali

Pamedek Pakai Masker ke Pura Jagatnatha

  • www.nusabali.com-pamedek-pakai-masker-ke-pura-jagatnatha

AMLAPURA, NusaBali
Pamedek yang menggelar persembahyangan di Pura Jagatnatha Amlapura pada Hari Raya Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (26/9), sepi.

Pamedek duduk berjarak, ada tanda silang pertanda larangan menduduki tempat itu. Persembahyangan di Pura Jagatnatha dipimpin empat pamangku dengan koordinator Ida Bagus Mangku Mukur Muka. Pamedek ke pura menggunakan masker.


Pantauan di pura, tidak ada pecalang yang mengatur pamedek, dua tempat cuci tangan di depan candi bentar tidak lagi berfungsi. Seusai sembahyang, pamedek langsung pamit, dan sebanyak 20 pamedek lagi dapat kesempatan sembahyang. “Pamedek yang datang telah mengerti protokol kesehatan, mereka datang pakai masker dan mengambil tempat duduk yang jaraknya telah diatur,” kata Ida Bagus Mangku Mukur Muka.

Tiga pamangku lainnya melayani umat yakni Ida Bagus Mangku Ketut Sudana, Ida Bagus Mangku Putu Adnyana, dan I Gusti Mangku Prayuta. Tidak nampak pejabat Pemkab Karangasem yang hadir menggelar persembahyangan, hanya masyarakat umum yang datang. Sebelumnya di Pura Jagatnatha digelar piodalan pada Purnama Katiga, Buda Umanis Julungwangi, Rabu (2/9). Sebelum upacara, anggota BPBD Karangasem melakukan penyemprotan disinfektan, agar lokasi upacara steril dari virus corona. Namun jelang Kuningan, tidak ada petugas BPBD melakukan penyemprotan. *k16

Komentar