nusabali

Dirjen Perikanan Budidaya Bantu Tiga Pokdakan

  • www.nusabali.com-dirjen-perikanan-budidaya-bantu-tiga-pokdakan

BANGLI, NusaBali
Tiga kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Bangli menerima bantuan ratusan juta rupiah dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Bantuan yang diberikan berupa satu unit kolam sistem bioflok. Pengerjaannya oleh rekanan yang ditetapkan pusat.  Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma, mengatakan bantuan yang diberikan Dirjen Perikanan Budidaya meliputi bantuan sistem bioflok. “Membuat kolam termasuk instalasi listriknya. Satu sistem bioflok dengan anggran Rp 180 juta. Kelompok menerima sudah jadi,” jelas Wayan Sarma, Selasa (22/9). Ketiga Pokdakan penerima bantuan yakni Kelompok Ikan Jaya Abadi Desa Apuan Kaja, Kecamatan Susut, Kelompok Ika Baruna Jaya Desa Songan, Kecamatan Kintamani, dan Kelompok Ikan Lusuh Sejahtera Desa Jehem, Kecamatan Tembuku.

Dijelaskan, Pokdakan penerima bantuan lebih dulu diverifikasi. Wajib berbadan hokum dan memiliki lahan yang memadai untuk pengembangan bioflok. “Tiga kelompok ini telah memenuhi persyaratan bardasarkan hasil verifikasi tim,” jelas Wayan Sarma. Tiga Pokdakan ini diberikan bantuan untuk meningkatkan produksi ikan dan mendorong peningkatan kemampuan usaha penerima bantuan. Pengembangan sistem bioflok terus dievaluasi agar mendapat hasil optimal. Ke depan bisa dikembangan di kawasan Danau Batur. Tiga Pokdakan ini budidayakan lele dan ikan nila. *esa

loading...

Komentar