nusabali

Longsor Sempat Tutup Akses Jalan Jatiluwih-Pura Petali

  • www.nusabali.com-longsor-sempat-tutup-akses-jalan-jatiluwih-pura-petali

TABANAN, NusaBali
Jalur Desa Jatiluwih menuju arah Pura Petali, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, sempat tertutup longsor pada Selasa (22/9).

Bencana terjadi karena tebing dengan ketinggian 2 meter longsor akibat hujan deras yang terjadi Senin (21/9) malam. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika, menjelaskan longsor akibat hujan pada Senin malam sempat menutup akses jalan Desa Jatiluwih menuju Pura Petali. Meskipun demikian, material longsor ketebalannya tidak terlalu tinggi sehingga evakuasi dilakukan tanpa mengerahkan alat berat. “Sudah kami evakuasi, menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Tabanan,” ungkapnya.

Meskipun demikian, menurut Trisna, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan fasilitas. Material longsor hanya menutup badan jalan. “Kami baru dapat laporan Selasa pagi, dan langsung evakuasi,” tegasnya.

Dia pun menyampaikan kepada masyarakat, karena musim hujan sudah mulai, khusus daerah rawan longsor seperti Kecamatan Pupuan, Penebel, dan Baturiti, diminta waspada. Pohon yang berada di dekat rumah atau pemukiman, diminta untuk diperhatikan atau bisa ditebang agar tidak membahayakan pemilik.

“Kami sudah sebar imbauan juga kepada masing-masing kecamatan, di musim hujan yang segera datang untuk selalu waspada, perhatikan kondisi alam sekitar,” kata Trisna. *des

loading...

Komentar