nusabali

Refleksi Kepemimpinan Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wabup I Ketut Suiasa

  • www.nusabali.com-refleksi-kepemimpinan-bupati-i-nyoman-giri-prasta-dan-wabup-i-ketut-suiasa

SEJUMLAH indeks kehidupan kemasyarakatan Badung di 2019 telah berhasil dicapai dengan baik.

Keberhasilan ini tercapai mengindikasikan bahwa Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), sangat efektif mendorong kemajuan pembangunan sosial masyarakat di Kabupaten Badung.

Salah satu capaian pembangunan di Kabupaten Badung, menurut Bupati Giri Prasta, dapat direpresentasikan oleh Indeks Pembangunan Gender (IPG) yang tergolong kategori tinggi yaitu pada angka 94,68 pada 2019, meningkat dari tahun 2018 di angka 94,39. Indikator tunggal yang mempresentasikan pembangunan gender adalah angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah,  harapan lama sekolah, dan konsumsi per kapita yang merepresentasikan indeks pendapatan.

“Hal ini tentu sangat sesuai dengan salah satu misi kami yang sudah tertuang dalam Perubahan RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung Tahun 2016-2021, yaitu terwujudnya Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Badung,” ungkapnya.

Giri Prasta menambahkan keberhasilan Pemkab Badung dalam pembinaan umat beragama dapat dilihat dari hasil survey penyusunan Indeks Kerukunan Umat Beragama yaitu pada angka 80,24 di 2019. Ini tergolong kategori sangat tinggi dibandingkan tahun 2018 di angka 78,00.

“Hal ini menunjukkan bahwa tingginya kesadaran masyarakat terhadap keberagaman, dan adanya rasa saling menghargai antarsesama umat beragama di Kabupaten Badung. Sebagai pemimpin yang nasionalis, kami juga tidak ingin membeda-bedakan masyarakat kami, karena kita berada dalam semangat NKRI,” tegasnya.

Sedangkan berkaitan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat Badung di 2019 tergolong kategori baik yaitu 83,61 atau meningkat dari 2018 di angka 79,73, yang artinya masyarakat puas dengan kinerja pelayanan yang baik dari seluruh perangkat daerah hingga desa di Kabupaten Badung. Sementara itu berkaitan dengan Indeks Kebahagiaan Masyarakat Badung, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Badung tergolong kategori tinggi yakni 76,14. Kondisi ini meningkat sebesar 0,67 persen dari 2018 pada angka 75,47.

“Secara umum angka Indeks Kebahagiaan Kabupaten Badung lebih tinggi dibandingkan Provinsi Bali dan nasional. Hal ini menunjukkan kebahagiaan penduduk Kabupaten Badung relatif lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain tersebut, dan angka ini mengindikasikan bahwa PPNSB dengan program-program kami yang pro rakyat cukup efektif dalam mendorong kemajuan pembangunan sosial masyarakat di Kabupaten Badung,” tuturnya. *

Komentar