nusabali

Warga Karangasem Cairkan BST di Kantor Pos

  • www.nusabali.com-warga-karangasem-cairkan-bst-di-kantor-pos

AMLAPURA, NusaBali
Warga Karangasem berdatangan ke Kantor Pos terdekat untuk cairkan bantuan sosial tunai (BST) tahap VI.

Penerima BST di Kabupaten Karangasem sebanyak 6.693 orang. Masing-masing penerima mendapatkan Rp 300.000 per bulan. Total BST untuk Kabupaten Karangasem Rp 2,007 miliar. Pencairan BST dari tanggal 19-21 September di Kantos Pos terdekat.

Kepala PT Pos Cabang Amlapura, I Ketut Merta, mengatakan pelayanan hari pertama, Sabtu (19/9), untuk Kelurahan Karangasem sebanyak 551 orang dan Desa Bugbug sebanyak 87 orang. Hari kedua, Minggu (20/9), melayani Kelurahan Subagan sebanyak 144 orang, Desa Seraya sebanyak 53 orang, Desa Pertima sebanyak 109 orang, Desa Bukit sebanyak 60 orang, Desa Seraya Barat sebanyak 55 orang, dan Desa Tumbu sebanyak 100 orang.

Pencairan hari terakhir atau ketiga, Senin (21/9) menyasar Kelurahan Padangkerta sebanyak 126 orang, Desa Tegallinggah sebanyak 190 orang, dan Desa Seraya Timur sebanyak 75 orang. “Penerima BST tidak bisa diwakilkan, mesti orang bersangkutan datang. Penerima BST difoto petugas bersama uang tunai dan kartu milik warga untuk laporan ke Kementerian Sosial," jelas I Ketut Merta, Minggu (20/9). Penerima BST adalah warga kurang mampu yang tidak dapat BPNT (bantuan pangan non tunai) dan PKH (program keluarga harapan).

Diakui, ada beberapa nama penerima bantuan ganda, tercantum sebagai penerima BST dan BPNT. “Maka saya non aktifkan nama penerima BST karena telah menerima BPNT,” jelas Ketut Merta. Tiap tahapan pencairan BST, ada saja warga yang tidak mengambil BST. Sebab penerima BST ada yang meninggal dan namanya tercantum di KK tunggal. Sejumlah penerima BST, terutama lanjut usia terpaksa hadir dituntun cucunya ke Kantor PT Pos Cabang Amlapura.

Pencairan BST di kecamatan lain juga dilakukan serentak yakni Kecamatan Abang sebanyak 1.154 orang, Kecamatan Bebandem, sebanyak 650 orang, Kecamatan Kubu sebanyak 946 orang, Kecamatan Manggis sebanyak 411 orang, Kecamatan Rendang sebanyak 346 orang, Kecamatan Selat dan Kecamatan Sidemen sebanyak 1.431, dan Desa Padangbai, Kecamatan Manggis sebanyak 205 orang. *k16

Komentar