nusabali

World Clean Up Day Indonesia 2020, Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

  • www.nusabali.com-world-clean-up-day-indonesia-2020-pentingnya-menjaga-kebersihan-lingkungan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri kegiatan World Clean Up Day Indonesia 2020, di pantai Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Sabtu (19/9) pagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Dalam kesempatan itu Bupati Suwirta menegaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan. “Mari dimulai dari kesadaran diri kita sendiri untuk menjaga kebersihan rumah, maupun lingkungan sekitar agar tetap bersih dan nyaman,” ujar Bupati Suwirta.

Terkait penanganan sampah plastik di Kabupaten Klungkung, Bupati Suwirta berharap kesadaran masyarakat menjaga lingkungan harus terus ditingkatkan, terutama jangan sampai ada yang membuang sampah plastik di pinggir pantai. “Mari bersama-sama jaga kedisiplinan dan kesadaran untuk menjaga lingkungan, mulai dari diri sendiri. Jangan sampai ada yang membuang sampah plastik di pinggir pantai agar ikan maupun terumbu karang di laut tidak hancur akibat sampah plastik,” tandas Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga meminta agar seluruh masyarakat mendukung program inovasi Pemkab Klungkung yakni Gema Tansaplas (Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik). Bupati juga segera mensosialisasikan kepada masing-masing desa untuk menggenjot semangat warga menyesuaikan masalah sampah plastik ini. “Edukasi ini agar dilakukan ke pelosok-pelosok desa supaya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan tetap dijaga dengan baik,” tutur Bupati Suwirta.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung Anak Agung Ngurah Kirana, mengatakan kegiatan ini merupakan aksi bersih-bersih pantai yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia. Dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, alam, suku, dan rasa. Untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah, dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Sebelumnya, Bupati Suwirta juga menghadiri kegiatan ini di Pantai Pura Watu Klotok, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung. Hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Klungkung Anak Agung Ngurah Kirana, pegawai Dinas LHP serta sekaa teruna (ST). *wan

Komentar