nusabali

Pamangku se-Desa Seraya Parum Bagi Tugas Karya Usaba Kaja

  • www.nusabali.com-pamangku-se-desa-seraya-parum-bagi-tugas-karya-usaba-kaja

AMLAPURA, NusaBali
Paiketan Pamangku Desa Adat Seraya, Kecamatan/Kabupaten Karangasem menggelar paruman jelang Karya Usaba Kaja lan Pujawali Nyatur di Pura Puseh Desa Adat Seraya, Minggu (13/9).

Paruman dipimpin Ketua Paiketan Pamangku, Jro Mangku Wayan Lanis, di Pura Bale Agung, Banjar Gambang, Desa Seraya, Kecamatan Karangasem. Paruman untuk bagi tugas para pamangku selama karya di Pura Puseh.

Bendesa Adat Seraya, I Made Salin, mengatakan puncak karya pada Wraspati Kliwon Langkir bertepatan dengan Purnama Kapat, Kamis (1/10). Ida Bhatara nyejer enam hari dan nyineb pada Buda Umanis Medangsia, Rabu (7/10). Selama Ida Bhatara nyejer, sebanyak 90 pamangku se-Desa Adat Seraya berbagi tugas dari pagi hingga tengah malam. Kedatangan pamadek diatur untuk menghindari kerumunan umat.

Pamangku di Pura Puseh yakni Jro Mangku Wayan Putu, Jro Mangku Made Arsani, dan Jro Mangku Ngara. Sedangkan di Pura Bale Agung, Jro Mangku Wayan Ngaya, Jro Mangku Ketut Kari, dan Jro Mangku Wayan Lanis. “Nanti mereka dibantu pamangku sajebag Desa Adat Seraya. Pamedek kami wajibkan menjalankan protokol kesehatan, sembahyang ke Pura Puseh wajib menggunakan masker dan jaga jarak,” jelas Made Salin.

Jro Mangku Wayan Lanis membenarkan bagi tugas saat paruman untuk memudahkan melayani umat selama Karya Usaba Kaja lan Pujawali Nyatur di Pura Puseh. Di puncak upacara, persembahyangan dibagi tiga shift dari pagi, siang, hingga sore. Pangempon Pura Puseh Desa Adat Seraya berasal dari 36 banjar adat dan tiga desa dinas yakni Desa Seraya Tengah, Desa Seraya Barat, dan Desa Seraya Timur. Pangrajeg Karya I Made Ripa.

Rangkaian upacara diawali dengan melaspas genah upacara pada Sukra Paing Dungulan, Jumat (18/9), nuur Ida Bhatara Tirtha lan nyengker setra pada Sukra Wage Kuningan, Jumat (25/9), puncak Karya Usaba Kaja lan Pujawali Nyatur pada Wraspati Kliwon Langkir, Kamis (1/10), dan nyineb pada Buda Umanis Medangsia, Rabu (7/10). *k16

Komentar