nusabali

Bahas Covid-19 di Bali, Pangdam Vidcon dengan Luhut

  • www.nusabali.com-bahas-covid-19-di-bali-pangdam-vidcon-dengan-luhut

DENPASAR, NusaBali
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara melakukan video conference (vidcon) dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan pada Rabu (16/9).

Pertemuan secara online ini sendiri untuk membahas secara khusus tentang penanganan Covid-19 di Pulau Dewata. Dalam vidcon yang digelar di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana tersebut, Menko Marves RI menyampaikan tentang target sasaran kedepan untuk merubah perilaku masyarakat agar mencerminkan protokol kesehatan, penurunan kasus harian, peningkatan Recovery Rate dan penurunan Mortality Rate serta penurunan Absolute Mortality.

Lebih lanjut Menko Marves RI menjelaskan tentang pembagian Rencana Aksi Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi erat dengan Kodam IX/Udayana, Pemda Provinsi Bali dan Polda Bali. Terkhusus Kodam IX/Udayana, akan fokus menangani pembinaan teritorial sampai ke tingkat RT. Dengan peran fungsi Babinsa setempat yang memberikan pesan tegas tentang protokol kesehatan dan pesan disiplin positif secara masif kepada masyarakat hingga pembubaran kerumunan dan pengamanan pada pengisolasian kluster.

"Agar dibuatkan juga rencana operasi lapangan dari Polda dan Kodam untuk pengerahan personel guna menegakkan disiplin protokol kesehatan di titik-titik keramaian. Serta detail rencana pembangunan pusat-pusat karantina untuk isolasi pasien OTG dan gejala ringan guna menghindari isolasi mandiri, sehingga dapat menurunkan tingkat kematian di Bali. Terutama akibat angka yang menunjukkan persentase penggunaan fasilitas rawat inap (Bed Occupancy Ratio) yang sudah tinggi," lanjut Luhut.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara pada kesempatan tersebut memaparkan tentang upaya-upaya yang akan dilaksanakan Kodam IX/Udayana dalam penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali dengan melaksanakan tindakan preventif, preemtif dan represif.

"Kedepan, untuk sasaran prioritas pendisiplinan protokol kesehatan, Kodam IX/Udayana bersinergi dengan Pemda dan Polda Bali akan melaksanakan operasi yustisi dan penindakkan disiplin serta melaksanakan pembinaan teritorial di 97 tempat ibadah, 230 pusat perbelanjaan, 103 tempat wisata dan 33 sarana atau fasilitas umum dengan jumlah total sasaran prioritas 463 titik," tegas Pangdam. *rez

Komentar